Record Details

Hubungan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang
Hubungan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang
 
Creator Ummul Latifa, Eny Fatimatuszuhro P., Eko Hadi Wardoyo,
 
Subject Learning Motivation, Learning Achievement, Islamic Religious Education
Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
 
Description This study aims to determine the relationship of motivation to student achievement in PAI subjects at SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang. The independent variable in this study is motivation (X) and the dependent variable is student achievement (Y).
This research uses a quantitative approach and the type of research is correlation. The sample is 33 students consisting of class II, III and IV. Motivation data is obtained from the distribution of questionnaires and PAI learning achievement data is taken from the grades of second semester student report cards for the 2020/2021 academic year. Technical analysis of the data using Pearson's product moment correlation.
Learning motivation is positively and significantly related to PAI subjects at SDN Mojokrapak 3, Tembelang Jombang, Even Semester of the 2020/2021 Academic Year. The results of the correlation test obtained a Pearson Correlation value of 0.951, where this result is greater than the value of r table (0.951 > 0.344). Therefore, it can be concluded that the motivation variable (X) is positively related to the achievement variable (Y).
Keywords        :   Learning Motivation, Learning Achievement, Islamic Religious Education
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi (X) dan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya bersifat korelasi. Sampel berjumlah 33 siswa yang terdiri dari kelas II, III dan IV. Data motivasi didapat dari penyebaran angket dan data prestasi belajar PAI di ambil dari nilai raport siswa semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknis analisis datanya menggunakan korelasi pearson’s product moment.
Motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan pada mata pelajaran PAI di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 hasil uji korelasi diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,951, dimana hasil tersebut lebih besar dari nilai r tabel (0,951 > 0,344). Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa variabel Motivasi (X) berhubungan secara positif dengan variabel Prestasi (Y).
Kata kunci      :  Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4587
10.32492/sumbula.v6i2.4587
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 2 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 257-274
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 2 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 257-274
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4587/3292
 
Rights Copyright (c) 2021 Eny Fatimatuszuhro P., Eko Hadi Wardoyo, Ummul Latifa
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0