Record Details

Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Yanbu’a Pada Anak di TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Yanbu’a Pada Anak di TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang
Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Yanbu’a Pada Anak di TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang
 
Creator Chafit Ananta, Abdul Rouf, Muhtadi,
 
Subject Reading the Qur'an, Yanbu'a Method, TPQ Miftachul Jinan
Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’a, TPQ Miftachul Jinan
 
Description This study aims to describe the implementation of learning to read the Koran with the yanbu'a method for children at TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang.
 
This study uses a qualitative descriptive approach. The data sources use primary and secondary data sources, with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. While the data analysis uses the steps of data reduction, data display and verification.
The results showed that the implementation of reading learning with the Yanbu'a dia TPQ Miftachul Jinan method can be described as follows: a) The Koran learning activities are divided into classes according to the volume of each child in volume/juz 1 consisting of 28. b) The method used by the cleric has followed according to what is in the Yanbu'a Method manual. c) The material taught is reading material together with being guided by a cleric using props, besides that there is also additional material such as memorizing daily prayers, short letters, pearls of wisdom and others that have been carried out well.
Keywords: Reading the Qur'an, Yanbu'a Method, TPQ Miftachul Jinan
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran membaca al-Quran dengan metode yanbu’a pada anak di TPQ Miftachul Jinan Sentul Tembelang Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan defkriptif kualitatif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan skunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan langkah-langkah Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display) dan Penarikan Kesimpulan (verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran membaca dengan metode Yanbu’a dia TPQ Miftachul Jinan dapat digambarkan sebagai berikut : a) Kegiatan pembelajaran mengaji dibagi perkelas sesuai dengan jilid masing-masing anak jilid/juz 1 terdiri dari 28.  b) Cara yang dilakukan oleh ustadzah sudah mengikuti sesuai yang ada didalam buku paduan Metode Yanbu’a. c) Materi yang diajarkan yakni materi membaca bersama-sama dengan dibimbing oleh ustadzah dengan menggunakan alat peraga, selain itu ada juga materi tambahan seperti hafalan do’a sehari-hari, surat-surat pendek, kata mutiara dan lainnya yang sudah terlaksana dengan baik.
Kata kunci      :  Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’a, TPQ Miftachul Jinan
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4586
10.32492/sumbula.v6i2.4586
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 2 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 237-256
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 2 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 237-256
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4586/3328
 
Rights Copyright (c) 2021 Abdul Rouf, Muhtadi, Chafit Ananta (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0