Pola Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Aksara Pegon di Madrasah Diniyah
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pola Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Aksara Pegon di Madrasah Diniyah
Pola Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Aksara Pegon di Madrasah Diniyah |
|
Creator |
Irfan, Moh.
|
|
Subject |
Pegon script, Yellow Book, Learning
Aksara Pegon, Kitab Kuning, Pembelajaran |
|
Description |
This study describes the pattern of learning the yellow book with pegon script in Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sumbermolyo Jogoroto Jombang. This type of research is descriptive qualitative, data collection is carried out using the methods of observation, interview, and decomentation. Data analysis used descriptive qualitative analysis, namely in the form of written data or from interviews with related parties. The results of this study indicate that the pattern of learning the yellow book with pegon script in Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sumbermolyo Jogoroto Jombang has been going well. This is because before learning using the pegon script begins, every teacher already has steps of preparation, implementation, and follow-up activities, so that students are more responsive, smart, and careful in understanding a sentence. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pola pembelajaran kitab kuning dengan aksara pegon di Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sumbermolyo Jogoroto Jombang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dekomentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dengan pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pola pembelajaran kitab kuning dengan aksara pegon di Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sumbermolyo Jogoroto Jombang telah berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan sebelum pembelajaran dengan menggunakan aksara pegon dimulai, setiapm guru sudah mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, dan kegiatan lanjutan, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat dalam memahami sebuah kalimat. |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2021-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4442
10.32492/sumbula.v6i1.4442 |
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 113-132
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 113-132 2548-3900 2528-2867 10.32492/sumbula.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4442/3238
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Moh. Irfan (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|