Record Details

Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ)

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ)
Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ)
 
Creator Pahlawati, Eny Fatimatuszuhro
 
Subject Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Islamic Religious Education Values
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
 
Description Penelitian ini mengkaji tentang penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (ESQ) kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dengan teknik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual telah diaplikasikan oleh peserta didik dengan baik dan cukup bagus dalam kehidupan sehari-hari terurama dilingkungan sekolah. Peserta didik telah mampu mengendalikan diri saat dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang terjadi di lingkup sekolah terutama saat menerima materi dalam pembelajaran. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum dapat penerapkan namun hal ini tidak menjadi beban bagi pendidik untuk mengajarkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
This study examines the application of Islamic Religious Education values ​​to improve emotional intelligence and spiritual intelligence (ESQ) for class VIII at SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
This study uses a qualitative research method using data collection methods of observation, interviews and documentation. The data analysis used was descriptive technique.
The results showed that the application of Islamic Religious Education values ​​to improve emotional intelligence and spiritual intelligence had been applied by students well and quite well in everyday life, especially in the school environment. Learners have been able to control themselves when faced with problems that occur in the scope of the school, especially when receiving material in learning. Although there are still some students who have not been able to implement it, this is not a burden for educators to teach the values ​​of Islamic Religious Education to improve emotional intelligence and spiritual intelligence for class VIII at SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4430
10.32492/sumbula.v6i1.4430
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 68-87
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 68-87
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4430/3222
 
Rights Copyright (c) 2021 Eny Fatimatuszuhro Pahlawati (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0