Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus
Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus |
|
Creator |
Rouf, Abdul
|
|
Subject |
Keywords: Children with Special Needs; Implementation; al-Qur’an Education
Anak Berkebutuhan Khusus; Implementasi; Pendidikan Al-Qur’an |
|
Description |
Anak berkebutuhan khusus memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, ada yang lebih mudah menangkap dan mengingat saat pembelajaran termasuk pembelajaran al-Qur’an dan ada yang harus diulang-ulang selama beberapa minggu baru bisa mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang. Pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, interview atau wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan penganalisisan data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan pada hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan al-Qur’an Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Pelangiku Kepanjen Jombang diterapkan dengan menggunakan metode Tilawah TK. Karena dengan metode ini anak lebih mudah memahami dan mengingatnya. Untuk pembiasaan mereka, setiap hari mereka di perkenalkan dengan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, membaca asma’ul husna, membaca surat-surat pendek, membaca do’a sederhana aktivitas sehari-hari seperti do’a sesudah dan sebelum tidur, do’a masuk keluar kamar mandi, do’a berpergian. Children with special needs have different features, some are easier to catch and remember during learning, including learning the Qur'an and some have to be repeated for several weeks before they can remember. This study aims to determine the implementation of al-Qur’an education for children with special needs. This study aims is qualitative in nature, taking the background of the Pelangiku Inclusion Elementary School, Kepanjen Jombang. Data collection is done by means of observation, interviews or interviews, and documentation. While the data analysis is inductive, that is, an analysis based on the data obtained is then developed in certain relationships or becomes a hypothesis. The results showed that al-Qur’an Education for Children with Special Needs at Pelangiku Inclusion Elementary School Kepanjen Jombang was applied using the Kindergarten Recitation method. Because with this method the child is easier to understand and remember. For their habituation, every day they are introduced to reading prayers before and after studying, reading asthma'ul husna, reading short letters, reading simple prayers of daily activities such as prayers after and before bed, prayer 'a goes in and out of the bathroom, prayer travels. |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2021-07-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4423
10.32492/sumbula.v6i1.4423 |
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 35-50
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 35-50 2548-3900 2528-2867 10.32492/sumbula.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4423/3217
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Abdul Rouf (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|