Record Details

Pola Hubungan Murid Dan Guru Menurut Ta’lim Muta’allim dan Pendidikan Modern

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pola Hubungan Murid Dan Guru Menurut Ta’lim Muta’allim dan Pendidikan Modern
Pola Hubungan Murid Dan Guru Menurut Ta’lim Muta’allim dan Pendidikan Modern
 
Creator Muhtadi, Muhtadi
 
Subject Students and Teachers; Ta'lim Al-Muta'allim; Modern Education
Murid dan Guru; Ta’lim Al-Muta’allim; Pendidikan Modern
 
Description Kitab Ta’lim Al-Muta’allim merupakan salah satu kitab yang membahas tentang tata cara kita dalam menuntut ilmu demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta menjadi seorang penuntut ilmu yang mempunyai etika yang baik. Di sisi lain, zaman sekarang ini masyarakat indonesia semakin jauh dengan hakekat Ruh dari sebuah pendidikan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola Hubungan Murid dan Guru Menurut Ta’lim Al-Muta’allim dan Pendidikan Modern.
Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang kelas X di MAN 2 Jombang. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data untuk memproses pemilihan, merumuskan data, memutuskan perhatian pada penyelenggaraan, pengabstrakan dan transformasi data kotor yang muncul dari catatan-catatan di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Hubungan Murid dan Guru Menurut Ta’lim Al- Muta’allim dan Pendidikan Modern Kelas X di MAN 2 Jombang sangatlah penting untuk diterapkan pada setiap sekolah baik sekolah agama yang berbasis kepesantrenan maupun sekolah umum, karena hal ini menyangkut dengan kesadaran diri peserta didik dalam hal tanggungjawab, memotivasi diri, berperilaku terpuji maupun berakhlak baik dengan tujuan untuk mengembangkan emosional dan kecerdasan spiritual.
The Book of Ta'lim Al-Muta'allim is one of the books that discusses our procedures for seeking knowledge in order to gain useful knowledge and become a student of knowledge who has good ethics. On the other hand, nowadays Indonesian society is getting further away from the essence of the Spirit from an education itself. This study aims to describe the Pattern of Student and Teacher Relationships According to Ta'lim Al-Muta'allim and Modern Education.
This research is qualitative, taking the background of class X at MAN 2 Jombang. data collection is done by means of observation, interviews, and documentation. While the data analysis uses data reduction to process the selection, formulate data, decide attention to the implementation, abstraction and transformation of dirty data that emerges from notes in the field.
The results showed that the Pattern of Student-Teacher Relations According to Ta'lim Al-Muta'allim and Modern Education Class X at MAN 2 Jombang is very important to be applied to every school, both Islamic boarding schools and public schools, because this is related to awareness students in terms of responsibility, self-motivation, commendable behavior and good character with the aim of developing emotional and spiritual intelligence.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4421
10.32492/sumbula.v6i1.4421
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 1-20
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 1-20
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4421/3215
 
Rights Copyright (c) 2021 Muhtadi Muhtadi (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0