Melejitkan Bahasa Anak Usia Dini dalam Islam
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Melejitkan Bahasa Anak Usia Dini dalam Islam
Konsep Pendidikan Integral Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5 |
|
Creator |
Miftahillah, Miftahillah
|
|
Subject |
Language, Early Childhood
Islam; Bahasa, Anak Usia Dini |
|
Description |
Abstract This study aims to improve the language of early childhood in Islam. This type of research is a library research with a qualitative descriptive approach. The data collection technique uses documentation techniques, while the data analysis technique uses content analysis techniques. The results showed that early childhood language boosted through three components, namely: family, school and community environment. The family has the first and foremost role in acquiring children's first language, teachers in schools also help in accelerating children with play activities, while the community environment plays a role through playmates who contribute to children's language and also a conducive environment to shape children's language development. The implementation of accelerating the language of early childhood in Islam so that parents and teachers before learning with children, pray with children according to the advice of Allah SWT in the Qur'an surah Al Kahfi verses 25-28, surah Thaha verse 109 and the call to prayer has been introduced since babies and tauhid sentences from an early age. Keywords: Islam ; Language, Early Childhood Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk melejitkan bahasa anak usia dini dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melejitkan bahasa anak usia dini melalui tiga komponen yaitu: keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Keluarga mempunyai peran yang pertama dan utama dalam pemerolehan bahasa pertama anak, guru di sekolah juga membantu dalam melejitkan anak dengan kegiatan bermain, sedangkan lingkungan masyarakat berperan melalui teman sepermainan yang turut menambah kebahasaan anak dan juga lingkungan kondusif membentuk perkembangan bahasa anak. Implementasi melejitkan bahasa anak usia dini dalam Islam agar orang tua dan guru sebelum melakukan pembelajaran dengan anak, berdo’a bersama anak sesuai dengan anjuran Allah SWT dalam Al Qur’an surah Al Kahfi ayat 25-28, surah Thaha ayat 109 dan diperkenalkan azan sejak bayi serta kalimat tauhid sejak usia dini. Kata Kunci: Islam; Bahasa, Anak Usia Dini |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2020-12-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4311
10.32492/sumbula.v5i2.4311 |
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 5 No. 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 424-449
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 5 No 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 424-449 2548-3900 2528-2867 10.32492/sumbula.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4311/3149
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Miftahillah Miftahillah (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|