Pendidikan Islam Prespektif Imam Al-Ghazali dalam Meningkatkan Nilai Moral Anak
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Islam Prespektif Imam Al-Ghazali dalam Meningkatkan Nilai Moral Anak
Pendidikan Islam Prespektif Imam Al-Ghazali dalam Meningkatkan Nilai Moral Anak |
|
Creator |
Pahlawati, Eny Fatimatuszuhro
|
|
Subject |
Islamic education; Moral of the Child; Imam Al-Ghazali
Pendidikan Islam; Moral Anak; Imam Al-Ghazali |
|
Description |
Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan Islam prespektif Imam Al-Ghazali dalam meningkatkan nilai moral anak. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, yang berupa buku-buku, literatur, jurnal, dan dokumen-dokumen tertulis baik dalam bentuk media cetak maupun media elektronik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali secara actual telah dilandasi oleh pemikirannya terhadap manusia yang fitrahnya tidak akan berubah, sehingga konsepnya selalu actual dan tidak pernah usang, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini. Dalam mengaktualisasikan pendidikan Islam dalam meningkatkan nilai-nilai moral anak, Al-Ghazali mencetuskan sebuah metode khusus tentang pendidikan Akhlak, metode keteladanan adalah metode yang paling diutamakan oleh Al-Ghazali untuk meningkatkan nilai- nilai moral anak. Kata Kunci: Pendidikan Islam; Moral Anak; Imam Al-Ghazali Abstract This study aims to describe the Islamic education from the perspective of Imam Al-Ghazali in improving children's moral value. This type of research is a library research with a qualitative descriptive approach. The data collection technique uses documentation techniques, in the form of books, literature, journals, and written documents in both print and electronic media. While the data analysis technique uses content analysis techniques (content analysis). The results show that the concept of Islamic Education According to Al-Ghazali is actually based on his thoughts on humans whose nature will not change, so that the concept is always actual and never obsolete, and is able to answer the challenges facing the world of education today. In actualizing Islamic education in enhancing children's moral values, Al-Ghazali sparked a special method of Moral education, the exemplary method is the method most prioritized by Al-Ghazali to increase children's moral values. Keywords: Islamic education; Moral of the Child; Imam Al-Ghazali |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2020-12-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4281
10.32492/sumbula.v5i2.4281 |
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 5 No. 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 350-373
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 5 No 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 350-373 2548-3900 2528-2867 10.32492/sumbula.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4281/3139
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Eny Fatimatuszuhro Pahlawati (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|