Record Details

Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya dalam Pembelajaran Al-Qur’an
Penerapan Metode Menghafal dan Problematikanya dalam Pembelajaran Al-Qur’an
 
Creator Wardoyo, Eko Hadi
 
Subject Memorization Method; Problematics; Learning Al-Qur'an
Metode Menghafal; Problematika; Pembelajaran Al-Qur’an
 
Description Abstract
This study aims to describe the application of the method of memorization and its problems in learning Al-Qur'an.
This type of research is library research using a qualitative descriptive approach. The data collection technique uses the documentation method. The data analysis technique step in this research is to use content analysis.
The results of the research in stage (1) the memorization strategy were the teaching stages, the teaching approach and the use of teaching principles. In stage (2) the technique of applying the memorization method is by understanding the verses to be memorized, repeating before memorizing, listening before memorizing, writing before memorizing. In stage (3) the implementation of Al-Qur'an learning, classical form learning, in private, post test and evaluation.
Key words: Memorization Method; Problematics; Learning Al-Qur'an
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode menghafal dan problematikanya dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode dokumentasi. Langkah teknik analisis data dalam penelitian adalah menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian dalam tahap (1) strategi mnghafal adalah tahapan mengajar, pendekatan mengajar dan penggunaan prinsip mengajar. Dalam tahap (2) teknik penerapan metode menghafal dengan memahami ayat-ayat yang akan dihafal, mengulang-ulang sebelum menghafal, mendengar sebelum menghafal, menulis sebelum menghafal. Dalam tahap (3) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an, pembelajaran bentuk klasik, secara privat, post test dan evaluasi.
Kata kunci: Metode Menghafal; Problematika; Pembelajaran Al-Qur’an
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2020-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4276
10.32492/sumbula.v5i2.4276
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 5 No. 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 307-324
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 5 No 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 307-324
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4276/3137
 
Rights Copyright (c) 2020 Eko Hadi Wardoyo (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0