Record Details

Konsep Pendidikan Integral Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5: (Kajian Filosofis Terhadap Tafsir Al-Azhar Karya HAMKA)

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konsep Pendidikan Integral Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5: (Kajian Filosofis Terhadap Tafsir Al-Azhar Karya HAMKA)
Konsep Pendidikan Integral Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5: (Kajian Filosofis Terhadap Tafsir Al-Azhar Karya HAMKA)
 
Creator AS., A. Syafi'
 
Subject Integral Education, Surah al-‘Alaq verses 1-5, Tafsir Hamka
Pendidikan Integral, Surat al-’Alaq ayat 1-5, Tafsir Hamka
 
Description Abstract
This study aims to describe and analyze the concept of integral education in Hamka's Tafsir Al-Azhar, a tafsir book written by Hamka when he was in prison.
This research is a literature research (library research) using a philosophical approach, which is to carry out focused, deep and fundamental thoughts and reflections on Hamka's interpretation of the verses of the Koran relating to the object of research by paying attention to the laws of thought. Meanwhile, the data analysis method uses content analysis method, which is a method of analysis based on the content (meaning) of a text.
The results of this study indicate that Hamka's interpretation of surah al-‘Alaq verses 1-5 contains the concept of integral education, that in education there is a unity of the science system as a process of dialectical relations between the body and the spirit and the human environment in understanding the verses of Allah, as well as in demanding. science must always rely on Allah SWT. In addition, according to Hamka, integral education is education that is aimed at realizing true human beings (students).
Keywords: Integral Education, Surah al-‘Alaq verses 1-5, Tafsir Hamka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan integral yang ada dalam kitab Tafsir Al-Azhar Karya Hamka, sebuah kitab tafsir yang dikarang oleh Hamka ketika beliau berada dalam penjara.
Penelitian ini merupakan penelitian literature (library research) dengan menggunakan pendekatan filosofis, yaitu melakukan pemikiran dan perenungan yang terarah, mendalam dan mendasar terhadap penafsiran Hamka atas ayat-ayat al-Qur'an yang berkaitan dengan objek penelitian dengan memperhatikan hukum-hukum berpikir. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode analisis yang mendasarkan diri pada isi (makna) suatu teks.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tafsiran Hamka terhadap surat al-’Alaq ayat 1-5 memuat konsep pendidikan integral, bahwa dalam pendidikan terdapat kesatuan sistem ilmu pengetahuan sebagai proses hubungan dialektis antara jasmani dan rohani serta lingkungan manusia dalam memahami ayat-ayat Allah, serta dalam menuntut ilmu pengetahuan harus selalu menyandarkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, pendidikan integral menurut Hamka merupakan pendidikan yang ditujukan untuk mewujudkan manusia (peserta didik) yang kaffah.
Kata kunci : Pendidikan Integral, Surat al-’Alaq ayat 1-5, Tafsir Hamka
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2020-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4275
10.32492/sumbula.v5i2.4275
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 5 No. 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 284-306
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 5 No 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 284-306
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4275/3136
 
Rights Copyright (c) 2020 A. Syafi' AS. (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0