Implementasi al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam Pembelajaran Sains dan Teknologi
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam Pembelajaran Sains dan Teknologi
Implementasi al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam Pembelajaran Sains dan Teknologi |
|
Creator |
Muhtadi, Muhtadi
|
|
Subject |
Implementation; Learn; Science and Technology; al-Qur’an
Implementasi; Belajar; Sains dan Teknologi; al-Qur’an |
|
Description |
Abstract This study aims to describe the Implementation of al-Qur'an Surah al-‘Alaq verses 1-5 in the Study of Science and Technology. This type of research is a literature study (library research) with a qualitative descriptive approach. The data collection method uses the documentary method which is sourced from al-Qur'an at al-laAlaq verses 1-5 and several commentaries such as al-Maragi, Ibn Kathir, al-Misbah, and al-Mizan. While the data analysis method uses the Tahlily method and the Contents analysis method. The results of this study indicate that the conception of learning in the Qur'an surah al-'Alaq verses 1-5 can be interpreted as intellectual enlightenment, which can be seen from the repetition of the word iqra 'twice, thus making it a habit to continue learning continuously. While its implementation in learning Science and Technology is implied in the word Iqra '(reading), because reading here does not mean only reading a text, but reading nature, situations and conditions around us. Keywords: Implementation; Learn; Science and Technology; al-Qur’an Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi al-Qur’an Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dalam Pembelajaran Sains dan Teknologi. Jenis penelitian ini merupakan kajian pustaka (libarary research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter yang bersumber pada al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan beberapa kitab tafsir seperti al-Maragi, Ibnu Katsir, al-Misbah, dan al-Mizan. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode Tahlily dan metode Contents analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Konsepsi belajar dalam Al-Qur’an surat al-'Alaq ayat 1-5 dapat diartikan sebagai pencerahan intgelektual, yang dapat dilihat dari pengulangan kata iqra' sebanyak dua kali, sehingga menjadikan kebiasaan untuk belajar terus menerus. Sedangkan Implementasinya dalam pembelajaran Sains dan Teknologi tersirat dalam kata Iqra’ (membaca), karena membaca di sini tidak berarti hanya membaca sebuah teks saja, tetapi membaca alam, situasi dan kondisi di sekitar kita. Kata Kunci : Implementasi; Belajar; Sains dan Teknologi; al-Qur’an |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2020-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3981
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 5 No. 1 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 175-196
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 5 No 1 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 175-196 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3981/2948
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Muhtadi Muhtadi (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|