Record Details

Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini
Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini
 
Creator Latif, Imam Mashudi
 
Subject Qira'ati Method, Learning, Al-Qur'an, Early Childhood
Metode Qira’ati, Pembelajaran, Al-Qur’an, Anak Usia Dini
 
Description Al-Qur'an learning using the Qira’ati method is very easy and practical to apply to young children. At an early age is the golden age or golden period where children will be responsive and can quickly read the Qur'an properly and correctly.
This paper aims to describe the effectiveness of the Qira'ati method in learning to read the Qur'an for Early Childhood, which is examined through several literatures related to the subject, using qualitative descriptive analysis.
In conclusion, the Qira'ati method is very suitable and very effective to improve learning to read the Qur'an for early childhood because
the process is very easy, on the other hand children at an early age are at the golden age or golden stage of development where children will respond quickly to what their teachers teach. Children can easily pronounce hijaiyah letters properly and correctly
Keywords: Qira'ati Method, Learning, Al-Qur'an, Early Childhood
Pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Qira’ati sangantlah mudah dan praktis untuk diterapkan kepada anak-anak usia dini. Pada masa usia dini adalah masa golden age atau masa keemasan dimana anak akan cepat tanggap dan cepat bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi Anak Usia Dini yang dikaji melalui beberapa literatur yang terkait dengan pokok bahasan, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Kesimpulannya, metode Qira’ati ini sangat cocok dan efektiv sekali untuk meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi anak usia dini karena
prosesnya sangatlah mudah, di sisi lain anak-anak pada masa usia dini sedang ada pada tahap perkembangan golden age atau masa keemasan dimana anak-anak akan cepat tanggap dengan yang diajarkan gurunya. Anak-anak dengan mudah dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar
Kata Kunci: Metode Qira’ati, Pembelajaran, Al-Qur’an, Anak Usia Dini
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2019-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3780
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 4 No. 2 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 308-327
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 4 No 2 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 308-327
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3780/2842
 
Rights Copyright (c) 2019 Imam Mashudi Latif (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0