Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang)
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang)
Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa |
|
Creator |
Rouf, Abdul
|
|
Subject |
Teacher Competency, Learning Method, Student Learning Achievement
Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa |
|
Description |
This study aims to determine and analyze the Effect of Teacher Competence and Learning Methods on Student Learning Achievement at Al-Hikmah Middle School Balongrejo Sumobito Jombang. This research is a quantitative study, using data collection techniques namely observation, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques that are managed through SPSS version 25. From the results of the study based on multiple linear regression analysis, the results obtained that teacher competency and learning methods significantly influence student achievement. This can be seen from the results of the F test with a F value of 8.307 and a significance value below 0.05 which is 0.001a. Which means, the working hypothesis (Ha) is ACCEPTED and the null hypothesis (Ho) is REJECTED. Keywords: Teacher Competency, Learning Method, Student Learning Achievement Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dikelola melalui program SPSS versi 25. Dari hasil penelitian berdasarkan pada analisis regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa kompetensi guru dan metode pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil uji F dengan nilai Fhitung sebesar 8,307 dan nilai signifikansi di bawah 0,05 yaitu 0,001a. Yang berarti, hipotesis kerja (Ha) DITERIMA dan hipotesis nol (Ho) DITOLAK. Kata kunci : Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2019-12-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3777
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 4 No. 2 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 238-262
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 4 No 2 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 238-262 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3777/2839
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Abdul Rouf (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|