Record Details

Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang)

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang)
Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa
 
Creator Rouf, Abdul
 
Subject Teacher Competency, Learning Method, Student Learning Achievement
Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa
 
Description This study aims to determine and analyze the Effect of Teacher Competence and Learning Methods on Student Learning Achievement at Al-Hikmah Middle School Balongrejo Sumobito Jombang.
This research is a quantitative study, using data collection techniques namely observation, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques that are managed through SPSS version 25.
From the results of the study based on multiple linear regression analysis, the results obtained that teacher competency and learning methods significantly influence student achievement. This can be seen from the results of the F test with a F value of 8.307 and a significance value below 0.05 which is 0.001a. Which means, the working hypothesis (Ha) is ACCEPTED and the null hypothesis (Ho) is REJECTED.
Keywords: Teacher Competency, Learning Method, Student Learning Achievement
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompetensi Guru dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dikelola melalui program SPSS versi 25.
Dari hasil penelitian berdasarkan pada analisis regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa kompetensi guru dan metode pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil uji F dengan nilai Fhitung sebesar 8,307 dan nilai signifikansi di bawah 0,05 yaitu 0,001a. Yang berarti, hipotesis kerja (Ha) DITERIMA dan hipotesis nol (Ho) DITOLAK.
Kata kunci    : Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2019-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3777
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 4 No. 2 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 238-262
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 4 No 2 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 238-262
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3777/2839
 
Rights Copyright (c) 2019 Abdul Rouf (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0