Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar PAI Kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar PAI Kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang
Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar PAI Kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang |
|
Creator |
Abu Yasa, Abdul Rouf dan
|
|
Subject |
Emotional Intelligence, Learning Outcomes, PAI
Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, PAI |
|
Description |
This research is motivated by the phenomenon that to achieve high achievement in learning, one must have a high intelligence quotient (IQ), because intelligence is a potential provision that will facilitate learning and in turn will produce optimal learning achievement. In fact, in the learning process of students, not only IQ is needed. IQ cannot function properly without emotional appreciation of the subjects delivered at school. This study aims to find out whether there is a relationship between emotional intelligence and learning outcomes of class VIII PAI MTs Thoriqul Huda South Catakgayam Mojowarno Jombang. The sampling technique uses sample random sampling. Data collection techniques to measure students' emotional intelligence are carried out by distributing questionnaires, while measuring student learning outcomes is done by asking students for the grades in the MTs. The data analysis technique used in this study is the product moment correlation data analysis. The results of this study can be concluded that there is a relationship between emotional intelligence and learning outcomes of PAI at MTs Thoriqul Huda South Catakgayam Mojowarno Jombang. Keywords: Emotional Intelligence, Learning Outcomes, PAI Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki intelligence quotient (IQ) yang tinggi, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Kenyataannya dalam proses belajar siswa, tidak hanya IQ yang diperlukan. IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tentang ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang. Adapun teknik pengambilan sampelnya menggunakan sample random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kecerdasan emosional siswa dilakukan dengan penyebaran angket, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan dengan meminta nilai siswa di MTs tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI di MTs Thoriqul Huda Catakgayam Selatan Mojowarno Jombang. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, PAI |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2019-06-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3650
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 4 No. 1 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 42-66
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 4 No 1 (2019): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 42-66 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3650/2748
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Abdul Rouf dan Abu Yasa (Autor)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|