Paradigma Problema Keilmuan Islam dan Dampaknya terhadap Model Lembaga Pendidikan Islam di Era Kontemporer
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Paradigma Problema Keilmuan Islam dan Dampaknya terhadap Model Lembaga Pendidikan Islam di Era Kontemporer
Paradigma Problema Keilmuan Islam dan Dampaknya terhadap Model Lembaga Pendidikan Islam di Era Kontemporer |
|
Creator |
Ali Riyadi, Ahmad
|
|
Subject |
Scientific Problem, Islamic Education Model and Contemporary Era
Problem Keilmuan, Model Pendidikan Islam dan Era Kontemporer |
|
Description |
This paper discusses the discourse of seeking non-dichotomic integral Islamic scholarship that developed among Muslim intellectuals and its impact on the model of Islamic education institutions, especially in Indonesia. In this case a new scientific paradigm that is integrated is not only required to combine the revelations of God and the findings of human thought, read integralistic holistic sciences, it will not result in understating the role of God or isolating humans so that they are alienated from the surrounding community and environment. This scientific knowledge gap has enough impact on the dynamics of knowledge and its implications in socio-religious life in Indonesian and world society. Keywords: Scientific Problem, Islamic Education Model and Contemporary Era Tulisan ini mendiskusikan tentang wacana pencarian keilmuan Islam yang integral non dikotomik yang berkembang di kalangan intelektual Muslim dan dampaknya terhadap model lembaga pendidikan Islan, khususnya di Indonesia. Dalam hal ini diperlukan paradigma keilmuan baru yang menyatukan bukan sekedar menggabungkan wahyu Tuhan dan temuan pemikiran manusia, baca ilmu-ilmu holistik integralistik, tidak akan berakibat mengecilkan peran Tuhan atau mengucilkan manusia sehingga teralenisasi dari dirinya sendiri dari masyarakat sekitar dan lingkungan hidup sekitar. Kesenjangan wawasan keilmuan ini cukup berakibat pada dinamika kelimuan dan implikasinya dalam kehidupan sosial keagamaan dalam masyarakat Indonesia dan dunia. Kata Kunci: Problem Keilmuan, Model Pendidikan Islam dan Era Kontemporer |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2018-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review Artikel yang telah di-peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3529
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 1019-1037
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 1019-1037 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3529/2671
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Ahmad Ali Riyadi (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|