Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang |
|
Creator |
Selfania Fatmawati, Eny Fatimatuszuhro P. dan
|
|
Subject |
Keywords: School Principals, Motivation of Teacher's Work
Kata Kunci: Kepala Sekolah , Motivasi Kerja Guru |
|
Description |
This study aims to determine the Role of School Principals in Increasing Motivation of Teacher Work at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang using a qualitative approach. This is based on concrete social reality, that the motivation of teacher work at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang cannot be separated from the role of the School Principals. In this study data collection techniques used were interviews, observation, and documentation, the extent to which the results achieved in motivating teacher work, barriers and what efforts were made to increase motivation. While the data analysis technique uses descriptive qualitative techniques, data analysis that produces detailed descriptions of the situation, events, interactions and behavior of people, in this case is the motivation of the teacher's work. The results of this study indicate that the role of School Principals in increasing the motivation of teacher work at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang includes their role as work partners, participants, supporters, giving mandates, making workplaces that are fun and as an example for teachers who can then growing work motivation on teachers at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang. Keywords: School Principals, Motivation of Teacher's Work Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini didasarkan dengan realita sosial yang konkret, bahwa motivasi kerja guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang tidak dapat terlepas dari peran kepala sekolah. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sejauh mana hasil yang di capai dalam memotivasi kerja guru, hambatan-hambatan dan usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan motivasinya. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif, analisis data yang menghasilkan deskripsi-deskripsi yang rinci mengenai situasi, peristiwa, interaksi dan perilaku orang, dalam hal ini adalah motivasi kerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dalam peningkatan motivasi kerja guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang meliputi perannya sebagai mitra kerja, partisipator, Supporter, memberikan mandat, membuat tempat kerja yang menyenangkandan sebagai uswah (teladan) bagi para guru yang kemudian dapat menumbuhkan motivasi kerja pada guru-guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang. Kata Kunci: Kepala Sekolah , Motivasi Kerja Guru |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2018-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review text Artikel yang telah di-peer-review Teks |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3523
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 994-1018
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 994-1018 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3523/2669
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Eny Fatimatuszuhro P. dan Selfania Fatmawati (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|