Record Details

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang
 
Creator Selfania Fatmawati, Eny Fatimatuszuhro P. dan
 
Subject Keywords: School Principals, Motivation of Teacher's Work
Kata Kunci:  Kepala Sekolah , Motivasi Kerja Guru
 
Description This study aims to determine the Role of School Principals in Increasing Motivation of Teacher Work at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang using a qualitative approach. This is based on concrete social reality, that the motivation of teacher work at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang cannot be separated from the role of the School Principals.
In this study data collection techniques used were interviews, observation, and documentation, the extent to which the results achieved in motivating teacher work, barriers and what efforts were made to increase motivation. While the data analysis technique uses descriptive qualitative techniques, data analysis that produces detailed descriptions of the situation, events, interactions and behavior of people, in this case is the motivation of the teacher's work.
The results of this study indicate that the role of School Principals in increasing the motivation of teacher work at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang includes their role as work partners, participants, supporters, giving mandates, making workplaces that are fun and as an example for teachers who can then growing work motivation on teachers at MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang.
Keywords: School Principals, Motivation of Teacher's Work
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini didasarkan dengan realita sosial yang konkret, bahwa motivasi kerja guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang tidak dapat terlepas dari peran kepala sekolah.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sejauh mana hasil yang di capai dalam memotivasi kerja guru, hambatan-hambatan dan usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan motivasinya. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif, analisis data yang menghasilkan deskripsi-deskripsi yang rinci mengenai situasi, peristiwa, interaksi dan perilaku orang, dalam hal ini adalah motivasi kerja guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dalam peningkatan motivasi kerja guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang  meliputi perannya sebagai mitra kerja, partisipator, Supporter, memberikan mandat, membuat tempat kerja yang menyenangkandan sebagai uswah (teladan) bagi para guru yang kemudian dapat menumbuhkan motivasi kerja pada guru-guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang.
Kata Kunci:  Kepala Sekolah , Motivasi Kerja Guru
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
text
Artikel yang telah di-peer-review
Teks
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3523
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 994-1018
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 994-1018
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3523/2669
 
Rights Copyright (c) 2018 Eny Fatimatuszuhro P. dan Selfania Fatmawati (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0