Record Details

Pengaruh Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin terhadap Etika Santri Madrasah Diniyah Al-Furqon di Pondok Pesantren Darul 'Ulum Rejoso Peterongan Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin terhadap Etika Santri Madrasah Diniyah Al-Furqon di Pondok Pesantren Darul 'Ulum Rejoso Peterongan Jombang
Pengaruh Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin terhadap Etika Santri Madrasah Diniyah Al-Furqon di Pondok Pesantren Darul 'Ulum Rejoso Peterongan Jombang
 
Creator Agus Ainul Yaqin, Muhtadi dan
 
Subject Keywords: Influence, Learning, Akhlaq Lil Banin book, Santri Ethics
Kata kunci: Pengaruh, Pembelajaran, kitab Akhlaq Lil Banin, Etika Santri
 
Description This study aims to find out how far the influence o of the learning of Akhlaq Lil Banin Book on the ethics of santri Diniyah Al-Furqon School in Darul 'Ulum Islamic Boarding School Rejoso Peterongan Jombang.
This type of research is quantitative, with a population of 150 students, consisting of 54 class I students, 50 class II students and 46 class III students. The sample was taken 20% of the total population, namely 30 santri. The data collection technique uses observation, interview, questionare and documentation techniques. While the data analysis techniques use the product moment correlation formula as follows:
 
From the results of the study, it can be concluded that the influence of the learning of Akhlaq Lil Banin Book on the ethics of santri Diniyah Al-Furqon School in Darul 'Ulum Islamic Boarding School Rejoso Peterongan Jombang is 30.36% or 0.402% (strong enough) and the remaining 69.64% is influenced by other factors. Based on the results of the study, the teacher is expected to be a role model for the students because what is done by the teacher will be a reflection of ethics / morals for students in everyday life.
Keywords: Influence, Learning, Akhlaq Lil Banin book, Santri Ethics
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin terhadap pembentukan etika santri Madrasah Diniyah Al-Furqon di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang.
Jenis peneltian ini adalah kuantitatif, dengan populasi yang berjumlah 150 santri, yang terdiri dari 54 santri kelas I, 50 santri kelas II dan 46 santri kelas III. Sampelnya diambil 20% dari jumlah populasi, yaitu 30 santri. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment sebagai berikut:
 
Dari hasil penelitian yang dapat disimpulkan peneliti bahwa pengaruh pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin terhadap etika santri Madrasah Diniyah Al-Furqon di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang sebesar 30,36% atau 0,402% (cukupkuat) dan selebihnya 69,64% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, guru diharapkan menjadi tauladan bagi para peserta didiknya karena apa yang dilakukan oleh guru akan menjadi cerminan etika/akhlak bagi peserta didiknya dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Pengaruh, Pembelajaran, kitab Akhlaq Lil Banin, Etika Santri
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
text
Artikel yang telah di-peer-review
teks
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3519
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 944-968
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 944-968
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3519/2665
 
Rights Copyright (c) 2018 Muhtadi dan Agus Ainul Yaqin (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0