Record Details

Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang
Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang
 
Creator Raghda Lufita, Abdul Rouf &
 
Subject Keywords: The Role of Teachers, Implementation of Curriculum 2013
Kata Kunci: Peranan Guru,  Implementasi Kurikulum 2013
 
Description This study aims to find out how the role of teachers in the implementation of the  Curriculum 2013, what are the inhibiting factors for teachers in curriculum implementation at MIN 1 Jombang.
This study included qualitative descriptive research. In collecting the data, the author uses the method of observation, interviews and documentation. While for the analysis the author uses data reduction, data presentation, draw conclusions.
The results of this study are that the Implementation of the Curriculum 2013 at MIN 1 Jombang in general has gone well starting from the preparation stage to the evaluation phase. Because from the beginning of the appointment of MIN 1 Jombang as the only school at the SD / MI level that uses Curriculum 2013 in Jombang, there is always assistance from the Government regarding the procedures for implementing the Curriculum 2013. Therefore, the school held an enrichment as a form of adding material for class VI students to be better prepared to face the National Examination. Because in Jombang the implementation of the National Exams at the elementary / MI level still uses the KTSP curriculum system.
Keywords: The Role of Teachers, Implementation of Curriculum 2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam implementasi kurikulum 2013, apa saja faktor penghambat guru dalam implementasi kurikulum di MIN 1 Jombang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan datanya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi Kurikulum 2013 di MIN 1 Jombang secara umum sudah berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Karena dari awal penunjukan MIN 1 Jombang sebagai satu-satunya sekolah di tingkat SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 di Jombang, selalu ada pendampingan dari Pemerintah tentang tata cara impelementasi kurikulum 2013. Adapun faktor yang menjadi penghambat implementasi kurikulum adalah kurangnya pendalaman materi yang diajarkan. Oleh karena itu, pihak sekolah mengadakan pengayaan sebagai bentuk penambahan materi untuk siswa kelas VI agar lebih siap menghadapi Ujian Nasional. Karena di Jombang pelaksanaan UN tingkat SD/MI masih menggunakan sistem kurikulum KTSP.
Kata Kunci: Peranan Guru,  Implementasi Kurikulum 2013
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
text
Artikel yang telah di-peer-review
teks
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3517
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 903-926
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 2 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 903-926
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3517/2663
 
Rights Copyright (c) 2018 Abdul Rouf & Raghda Lufita (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0