Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia
Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia |
|
Creator |
Subandi dan Retno Firmawati Nafi’ah, Ikhwan Aziz Q.,
|
|
Subject |
Educational Concept, Ki Hajar Dewantara, Education in Indonesia
Konsep Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Pendidikan di Indonesia |
|
Description |
Abstract This study focuses on the concept of education by Ki Hajar Dewantara and its relevance to education in Indonesia. The purpose of this research theoretically, can contribute to developing the concept of education in Indonesia and benefit all Indonesian people, especially in developing insight into the knowledge and thinking patterns of educators. Practically, this research is expected to provide clarity about the concept of education according to Ki Hajar Dewantara, so as to provide a bright spot for its relevance to education in Indonesia at this time, and can contribute in finding solutions to the problems facing the Indonesian nation. This research is a qualitative research with a type of library research that is exploring the ideas of Ki Hajar Dewantara about education. The data collection technique that I use is to collect books, journals and others related to discussion. Data that has been collected is analyzed using descriptive methods, namely research methods that attempt to reveal the facts of an event, object, activity, process, and human beings as they are at the present time or the time period that is still possible in the memory of the respondent. The results of this study indicate that the concept of Ki Hajar's education is still relevant today. Judging from his thoughts in accordance with the concepts that are still being implemented, namely education and teaching which is a deliberate effort to liberate the physical and inner aspects of the human being. Keywords: Educational Concept, Ki Hajar Dewantara, Education in Indonesia Abstrak Penelitian ini berfokus pada konsep pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini secara teoritis, dapat berkontribusi dalam mengembangkan konsep pendidikan di Indonesia dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dapat mengembangkan wawasan pengetahuan dan pola fikir para pendidik. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan mengenai konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, sehingga memberikan titik terang atas relevansinya dengan pendidikan di Indonesia saat ini, serta dapat memberikan sumbangsih dalam mencarikan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu menggali pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan mengumpulkan buku, jurnal dan lainnya yang terkait dengan p;okok pembahasan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta suatu kejadian, objek, aktivitas, proses, dan manusia secara apa adanya pada waktu sekarang atau jangka waktu yang masih memungkinkan dalam ingatan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Ki Hajar tersebut masih relevan hingga saat ini. Dilihat dari pemikiran-pemikiran beliau yang sesuai dengan konsep yang masih diimplementasikan yaitu pendidikan dan pengajaran yang merupakan upaya yang disengaja untuk memerdekakan aspek lahiriah dan batiniah manusia. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Pendidikan di Indonesia |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2018-06-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review text Artikel yang telah di-peer-review teks |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3497
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 1 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 847-861
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 1 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 847-861 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3497/2638
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Ikhwan Aziz Q., Subandi dan Retno Firmawati Nafi’ah (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|