Record Details

Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Sholat Berjamaah

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Sholat Berjamaah
Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Sholat Berjamaah
 
Creator Rizka Aminatul Maghfiroh, Muhtadi &
 
Subject Value of Islamic Education, Congregational Prayers.
Nilai Pendidikan Islam, Shalat Berjamaah
 
Description Abstraction
This study aims to describe the values ​​of Islamic education and the values ​​of Islamic education in congregational prayer.
This research is a type of library research (library research). The approach used is a historical approach. The analysis technique that I use in this study is an analysis of the literature that is relevant to the subject matter. This means that in writing this research report focuses on library materials by searching and reviewing academic standards of literature, then looking for explicit and implicit meanings.
The results of the study state that the value of Islamic education is an abstract that is used as a guideline and general principles in acting and acting. The value of Islamic education meant is tauhid (faith), worship and morals. While the values ​​of Islamic education in congregational prayers are divided into two reviews. First, it is reviewed from the terms of the congregational prayer and from the review of the congregational prayers. From this review, the value of Islamic education contained in congregational prayers includes: the value of sincerity, gratitude, discipline, cleanliness, togetherness and praise.
 
Keywords: Value of Islamic Education, Congregational Prayers.
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam shalat berjamaah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis. Teknik analisis yang penulis gunakan dalam pnelitian ini adalah kajian analisis terhadap literatur-literatur yang relevan dengan pokok pembahasan. Artinya dalam penulisan laporan penelitian ini fokus pada bahan-bahan kepustakaan dengan menelusuri dan menelaah literatur yang berstandar akademik, kemudian mencari makna tersurat dan tersirat.
Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai pendidikan Islam yaitu suatu yang abstrak yang dijadikan pedoman serta prinsip-prinsip umum dalam bertindak dan bertingkahlaku. Nilai pendidikan Islam yang dimaksudkan adalah tauhid (iman), ibadah dan akhlak. Sedangkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam shalat jamaah terbagi menjadi dua tinjauan. Pertama ditinjau dari syarat shalat jamaah dan dari tinjauan rukun shalat jamaah. Dari tinjauan tersebut, nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam shalat jamaah meliputi : nilai keikhlasan, syukur, kedisiplinan, kebersihan, kebersamaan dan pujian-pujian.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Shalat Berjamaah.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2018-06-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3467
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 1 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 783-807
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 1 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 783-807
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3467/2607
 
Rights Copyright (c) Juni 2018 Muhtadi & Rizka Aminatul Maghfiroh (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0