Record Details

Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Fiqih di Kelas X Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito Jombang.doc

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Fiqih di Kelas X Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito Jombang.doc
Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Fiqih di Kelas X Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito Jombang.doc
 
Creator Ayu Sugiarti, Abdul Rouf &
 
Subject Kompetensi Guru, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fiqih
Kompetensi Guru, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fiqih
 
Description Abstraction
This study aims to describe the competence of Fiqh teachers in the development of K13 in class X students at Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito Jombang.
This study uses a qualitative approach with the type of case study research. Data collection is done by observation, interviews, documentation. Data analysis was carried out with descriptive data analysis using triangulation techniques, the analysis model with the Miles and Huberman models namely data reduction, data display, and verification. So that it can give meaning to the data that has been collected, and from that meaning conclusions are drawn.
The results of the study show that 1) The implementation of the education unit level curriculum in the teaching of jurisprudence in the tenth grade students of Balongrejo Madrasah Aliyah Sumobito Jombang runs gradually, each new plan is planned in accordance with the principles of curriculum development. 2) The competence of Fiqh teachers here is very competent in their fields, in accordance with the standard of competence, applying complete learning tools. 3) The driving factor for the implementation of curriculum development in the teaching of jurisprudence in class X students at Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito Jombang is the existence of competencies that teachers have adequate facilities and extra-religious activities. The inhibiting factor is the lack of lesson hours on the application of K13 and the overall curriculum development has not been implemented.
 
Keywords: Teacher Competence, 2013 Curriculum, Fiqh Learning
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kompetensi guru Fiqih dalam pengembangan K13 pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito  Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif menggunakan teknik triangulasi, model analisinya dengan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, data display, dan verifikasi. Sehingga dengan itu dapat memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Pelaksanaan  pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran Fiqih siswa kelas X di Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito  Jombang berjalan dengan bertahap, direncanakan setiap ajaran baru sesuai dengan prinsip pada pengembangan kurikulum. 2) Kompetensi guru Fiqih disini sangat berkompeten dalam bidangnya, sesuai dengan standart kompetensi, menerapkan perangkat pembelajaran dengan lengkap. 3) Faktor pendorong pelaksanaan pengembangan kurikulum pada pembelajaran Fiqih siswa kelas X di Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito  Jombang yaitu adanya kompetensi yang dimiliki guru Fiqih fasilitas yang memadai dan kegiatan ekstra keagamaan. Faktor penghambat yaitu kurangnya jam pelajaran pada penerapan K13 dan belum dilaksanakan pengembangan kurikulum secara menyeluruh.
 
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fiqih
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2018-06-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3465
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 3 No. 1 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 734-757
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 3 No 1 (2018): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 734-757
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3465/2605
 
Rights Copyright (c) Juni 2018 Abdul Rouf & Ayu Sugiarti (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0