Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang
Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang |
|
Creator |
Adibah, Adibah
|
|
Subject |
profesionalisme guru, prestasi belajar siswa
profesionalisme guru, prestasi belajar siswa |
|
Description |
Abstraksi Guru yang memiliki kemampuan profesional sangat di butuhkan. Untuk meningkatkan hasil belajar. Dengan seorang guru yang profesional siswa akan mendapatkan pelajaran dan ilmu, sehingga siswa bisa termotivasi dan tertarik dengan proses belajar mengajar di sekolah. Sebaliknya apabila guru tidak memiliki kemampuan profesional, maka akan berdampak negatif dengan hasil belajarnya. Ada satu permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah ada hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Untuk tehnik pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti mulai menganalisa data, penganalisaan data untuk angket hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data statistik digunakan rumus: Prosentase P = Berdasarkan hasil regresi diperoleh r hitung yang menunjukkan angka 0,612 lebih besar dari r tabel dengan angka sebesar 0,254. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang Kata kuncinya: profesionalisme guru, prestasi belajar siswa Abstraksi Guru yang memiliki kemampuan profesional sangat di butuhkan. Untuk meningkatkan hasil belajar. Dengan seorang guru yang profesional siswa akan mendapatkan pelajaran dan ilmu, sehingga siswa bisa termotivasi dan tertarik dengan proses belajar mengajar di sekolah. Sebaliknya apabila guru tidak memiliki kemampuan profesional, maka akan berdampak negatif dengan hasil belajarnya. Ada satu permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah ada hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Untuk tehnik pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti mulai menganalisa data, penganalisaan data untuk angket hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data statistik digunakan rumus: Prosentase P = Berdasarkan hasil regresi diperoleh r hitung yang menunjukkan angka 0,612 lebih besar dari r tabel dengan angka sebesar 0,254. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang Kata kuncinya: profesionalisme guru, prestasi belajar siswa |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2018-01-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review Artikel yang telah di-peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3261
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 2 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 670-691
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 2 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 670-691 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3261/2454
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Adibah Adibah (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|