Record Details

Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng ‎Peterongan Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng ‎Peterongan Jombang
Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng ‎Peterongan Jombang
 
Creator Sholichatun, Sholichatun
 
Description Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Oleh karena itu perumusan masalahnya adalah: a. Bagaimana kondisi motivasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang? b. Bagaimana gambaran prestasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum  Kepuhkembeng Peterongan? c. Bagaimana hubungan  antara motivasi dengan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang?
Dalam penelitian ini ada dua variabel Yaitu motivasi merupakan variabel bebas  atau (X). sedangkan prestasi belajar Akidah Akhlak  adalah variabel terikat (Y), dengan angket pada 77 responden dari siswa kelas VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum  Kepuhkembeng Peterongan Jombang, dengan menggunakan analisis data diskreptif  prosentase dan korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini, dengan memeriksa nilai r tabel product moment ternyata dengan df sebesan 75, pada taraf segnifikan 1 %, diperoleh r tabel 0.217 sedangkan  pada taraf segnifikan 5 %, diperoleh r tabel 0.283.Dan jika dilihat pada harga r  tabel  tersebut rxy,lebeh besar dari haga r tabel. Baik pada taraf segnifikan 5 %  ( 0.38 >0.217 ) maupun pada taraf segnifikan 1 %  ) 0.38 >0.283) berarti ada pengaruh positif sedang.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi  belajas siswa maka akan semakin tinggi prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak, dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi  mata pelajaran Akidah Akhlak.
Kata Kunci : Motivasi Belajar; Prestasi belajar; Akidah Akhlak.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Oleh karena itu perumusan masalahnya adalah: a. Bagaimana kondisi motivasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang? b. Bagaimana gambaran prestasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum  Kepuhkembeng Peterongan? c. Bagaimana hubungan  antara motivasi dengan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang?
Dalam penelitian ini ada dua variabel Yaitu motivasi merupakan variabel bebas  atau (X). sedangkan prestasi belajar Akidah Akhlak  adalah variabel terikat (Y), dengan angket pada 77 responden dari siswa kelas VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum  Kepuhkembeng Peterongan Jombang, dengan menggunakan analisis data diskreptif  prosentase dan korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini, dengan memeriksa nilai r tabel product moment ternyata dengan df sebesan 75, pada taraf segnifikan 1 %, diperoleh r tabel 0.217 sedangkan  pada taraf segnifikan 5 %, diperoleh r tabel 0.283.Dan jika dilihat pada harga r  tabel  tersebut rxy,lebeh besar dari haga r tabel. Baik pada taraf segnifikan 5 %  ( 0.38 >0.217 ) maupun pada taraf segnifikan 1 %  ) 0.38 >0.283) berarti ada pengaruh positif sedang.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi  belajas siswa maka akan semakin tinggi prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak, dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi  mata pelajaran Akidah Akhlak.
Kata Kunci : Motivasi Belajar; Prestasi belajar; Akidah Akhlak.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2017-11-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3216
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 2 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 530-544
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 2 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 530-544
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3216/2421
 
Rights Copyright (c) 2017 Sholichatun Sholichatun (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0