Record Details

Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah ‎Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah ‎Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang
Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah ‎Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang
 
Creator Hadi Wardoyo, Eko
 
Description Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumentai, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif grounded.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesi semuanya menunjukkan kinerja yang sudah sesuai standart. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang.
Kata Kunci: Kinerja Guru PAI; Sertifikasi
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumentai, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif grounded.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesi semuanya menunjukkan kinerja yang sudah sesuai standart. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang.
Kata Kunci: Kinerja Guru PAI; Sertifikasi
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2017-10-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3167
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 421-442
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 421-442
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3167/2341
 
Rights Copyright (c) 2017 Eko Hadi Wardoyo (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0