Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang
Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang |
|
Creator |
Hadi Wardoyo, Eko
|
|
Description |
Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumentai, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif grounded. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesi semuanya menunjukkan kinerja yang sudah sesuai standart. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang. Kata Kunci: Kinerja Guru PAI; Sertifikasi Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumentai, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif grounded. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesi semuanya menunjukkan kinerja yang sudah sesuai standart. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang. Kata Kunci: Kinerja Guru PAI; Sertifikasi |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2017-10-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review Artikel yang telah di-peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3167
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 421-442
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 421-442 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3167/2341
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Eko Hadi Wardoyo (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|