Efektifitas Sistem Pendidikan Islam (Perbandingan Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi)
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektifitas Sistem Pendidikan Islam (Perbandingan Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi)
Efektifitas Sistem Pendidikan Islam (Perbandingan Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi) |
|
Creator |
Khoiriyah, Khoiriyah
|
|
Description |
Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas sistem pendidikan Islam dengan membandingkan antara kelas reguler dan kelas akselerasi di MTs Assalaam yang berada dalam pondok pesantren Assalaam. Unsur sistem pendidikan Islam yang digunakan untuk menganalisis meliputi tujuan, pendidik, anak didik, lingkungan, dan sarana/alat baik yang menyangkut sarana fisik pendidikan maupun sarana non-fisik pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sistem pendidikan Islam kelas akselerasi menunjukkan lebih efektif dibandingkan dengan kelas reguler dengan beberapa alasan antara lain: Standard nilai kelas akselerasi lebih tinggi dibandingkan dengan reguler, adanya kegiatan studi lapangan atau rihlah ilmiah termasuk AMT (Achievement Motivation Training), maximum recall, life skill dan lain-lain di kelas akselerasi, latar belakang siswa akselerasi yang mempunyai kecerdasan luar biasa, memudahkan dalam menerima dan menyerap materi yang diberikan, metode yang digunakan lebih baik di kelas akselerasi, media pendidikan, fasilitas untuk kelas akselerasi yang lebih lengkap, baik dan nyaman, efisiensi waktu untuk kelas akselerasi yaitu 2 tahun yang seharusnya 3 tahun di kelas reguler, dan dana keuangan kelas akselerasi mendukung efektifitas kelas tersebut dalam mencapai tujuan pendidikan. Kata Kunci: Efektifitas, Sistem Pendidikan Islam, Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi. Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas sistem pendidikan Islam dengan membandingkan antara kelas reguler dan kelas akselerasi di MTs Assalaam yang berada dalam pondok pesantren Assalaam. Unsur sistem pendidikan Islam yang digunakan untuk menganalisis meliputi tujuan, pendidik, anak didik, lingkungan, dan sarana/alat baik yang menyangkut sarana fisik pendidikan maupun sarana non-fisik pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sistem pendidikan Islam kelas akselerasi menunjukkan lebih efektif dibandingkan dengan kelas reguler dengan beberapa alasan antara lain: Standard nilai kelas akselerasi lebih tinggi dibandingkan dengan reguler, adanya kegiatan studi lapangan atau rihlah ilmiah termasuk AMT (Achievement Motivation Training), maximum recall, life skill dan lain-lain di kelas akselerasi, latar belakang siswa akselerasi yang mempunyai kecerdasan luar biasa, memudahkan dalam menerima dan menyerap materi yang diberikan, metode yang digunakan lebih baik di kelas akselerasi, media pendidikan, fasilitas untuk kelas akselerasi yang lebih lengkap, baik dan nyaman, efisiensi waktu untuk kelas akselerasi yaitu 2 tahun yang seharusnya 3 tahun di kelas reguler, dan dana keuangan kelas akselerasi mendukung efektifitas kelas tersebut dalam mencapai tujuan pendidikan. Kata Kunci: Efektifitas, Sistem Pendidikan Islam, Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi. |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2017-06-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review Artikel yang telah di-peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2981
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 443-467
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 443-467 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2981/2193
|
|