Record Details

Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)‎

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)‎
Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)‎
 
Creator Abidin, Zainal
 
Description Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model atau desain pembelajsan dengan menggunakan pendekatan metode atau teknik pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model  pembelajaran al-Qur`an dilakukan dengan cara actve learning, dimana siswa diposisikan sebagai subyek dan guru sebagai pembimbing, dan siswa dikelompokkan berdasarkan kelasnya masing- masing.
Model  yang diterapkan disimpulkan oleh peniliti telah berhasil, hal ini ditunjukkan dengan indikator, bahwa siswa yang belajar di Pondok Pesantren Al- Azhar banyak yang mahir membaca al-Qur`an yang awalnya belum bisa membaca al-Qur`an atau belum lancar membaca al-Qur`an dan hal yang paling penting adalah keberhasilan siswa dalam mengukir prestasinya dalam bidang al-Qur`an, baik ditingkat kabupaten, propinsi dan nasioanal.
 
Kata Kunci :  Model Pembelajaran, Al-Qur’an
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model atau desain pembelajsan dengan menggunakan pendekatan metode atau teknik pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model  pembelajaran al-Qur`an dilakukan dengan cara actve learning, dimana siswa diposisikan sebagai subyek dan guru sebagai pembimbing, dan siswa dikelompokkan berdasarkan kelasnya masing- masing.
Model  yang diterapkan disimpulkan oleh peniliti telah berhasil, hal ini ditunjukkan dengan indikator, bahwa siswa yang belajar di Pondok Pesantren Al- Azhar banyak yang mahir membaca al-Qur`an yang awalnya belum bisa membaca al-Qur`an atau belum lancar membaca al-Qur`an dan hal yang paling penting adalah keberhasilan siswa dalam mengukir prestasinya dalam bidang al-Qur`an, baik ditingkat kabupaten, propinsi dan nasioanal.
 
Kata Kunci :  Model Pembelajaran, Al-Qur’an
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2017-06-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2970
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 377-401
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 377-401
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2970/2189