Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)
Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang) |
|
Creator |
Abidin, Zainal
|
|
Description |
Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model atau desain pembelajsan dengan menggunakan pendekatan metode atau teknik pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran al-Qur`an dilakukan dengan cara actve learning, dimana siswa diposisikan sebagai subyek dan guru sebagai pembimbing, dan siswa dikelompokkan berdasarkan kelasnya masing- masing. Model yang diterapkan disimpulkan oleh peniliti telah berhasil, hal ini ditunjukkan dengan indikator, bahwa siswa yang belajar di Pondok Pesantren Al- Azhar banyak yang mahir membaca al-Qur`an yang awalnya belum bisa membaca al-Qur`an atau belum lancar membaca al-Qur`an dan hal yang paling penting adalah keberhasilan siswa dalam mengukir prestasinya dalam bidang al-Qur`an, baik ditingkat kabupaten, propinsi dan nasioanal. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Al-Qur’an Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model atau desain pembelajsan dengan menggunakan pendekatan metode atau teknik pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran al-Qur`an dilakukan dengan cara actve learning, dimana siswa diposisikan sebagai subyek dan guru sebagai pembimbing, dan siswa dikelompokkan berdasarkan kelasnya masing- masing. Model yang diterapkan disimpulkan oleh peniliti telah berhasil, hal ini ditunjukkan dengan indikator, bahwa siswa yang belajar di Pondok Pesantren Al- Azhar banyak yang mahir membaca al-Qur`an yang awalnya belum bisa membaca al-Qur`an atau belum lancar membaca al-Qur`an dan hal yang paling penting adalah keberhasilan siswa dalam mengukir prestasinya dalam bidang al-Qur`an, baik ditingkat kabupaten, propinsi dan nasioanal. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Al-Qur’an |
|
Publisher |
Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
|
|
Date |
2017-06-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang telah di-peer-review Artikel yang telah di-peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2970
|
|
Source |
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 2 No. 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 377-401
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 2 No 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 377-401 2548-3900 2528-2867 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2970/2189
|
|