Record Details

Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Pada Siswa di SDN Sebani Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Pada Siswa di SDN Sebani Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang
 
Creator Hadi Wardoyo, Eko
 
Subject Metode Pembelajaran
Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an
Studi Keagamaan
 
Description ABSTRAKSIPembinaan Baca-Tulis al-Qur’an atau sering disingkat BTQ, pada masa sekarang sangat diperlukan, apalagi untuk anak usia sekolah. Dari fenomena tersebut, penulis ingin mengangkat kasus ini melalui penelitian dengan judul :  Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis al-Qur’an pada Siswa di SDN Sebani Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sementara teknik analisisdatanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program baca tulis Al-Qur’an dilakukan dengan cara belajar siswa aktif atau active-learning, dimana model pembelajaran yang digunakan dalam kelas memposisikan siswa sebagai subjek (student-center), dan guru sebagai pembimbing, dalam prosesnya, siswa dikelompokan berdasarkan kelasnya, setiap kelompok menggunakan metode yang berbeda pula.Peningkatan kemampuan Baca-Tulis al-Qur’an siswa dengan pembelajaran Baca-Tulis al-Qur’an dikategorikan berhasil, terlihat dari siswa yang sebelumnya sama sekali tidak bisa Baca-Tulis al-Qur’an menjadi bisa, siswa yang sudah bisa Baca-Tulis al-Qur’an tapi belum lancar setelah mengikuti BTQ menjadi lancar dan siswa yang sebelumnya sudah lancar, menjadi mahir membaca al-Qur’an. Hal ini terbukti dari tingkat kompetensi Baca-Tulis al-Qur’an yang berhasil.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2016-10-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
Deskriptif Kualitatif
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2333
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 1 No. 2 (2016): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 292-314
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 1 No 2 (2016): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 292-314
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2333/1735