Record Details

Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13)

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13)
 
Creator Mishbahus Shudur, Mishbah
 
Subject Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak
Al-Qur’an Surat al-Hujurat ayat 11-13.
Studi Keagamaan
 
Description ABSTRAKSISebagai tolak ukur perbuatan baik dan buruk mestilah merujuk kepada ketentuan Allah SWT dan Rasul-Nya, karena Rasulallah SAW adalah manusia yang paling mulia akhlaknya. Penulis melihat, bahwa surat Al-Hujurat ayat 11-13 memiliki kandungan (makna) tentang pendidikan akhlak yang sangat dalam. Di antaranya adalah ajaran tentang menjunjung kehormatan kaum Muslimin, taubat, husnudzan (positif thinking) kepada orang lain, ta’aruf dan persamaan kedudukan (egaliter) manusia di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, ayat tersebut sangat penting digali lebih dalam untuk dijadikan rujukan dan pedoman bagi umat Muslim dalam rangka pembelajaran, pembentukan serta pembinaan akhlak yang mulia. Hasil karya tulis menunjukkan bahwa Nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada surat al-Hujuratayat 11-13 meliputi: Nilai pendidikan menjunjung kehormatan kaum Muslimin, taubat, positif thinking, ta’aruf dan pendidikan egaliter (persamaan derajat). Adapun aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya, saling menghormati dapat dilakukan dengan keteladanan, nasihat, metode kisah, peringatan dan ancaman (tarhib). Pendidikan taubat dapat dilakukan dengan pembiasaan dan pemberian nasihat (ceramah). Pendidikan positif thinking dapat dilakukan dengan metode keteladanan, metode nasihat dan metode pembiasaan. Pendidikan ta’aruf dapat dilakukan dengan nasihat, kisah dan pembiasaan. Pendidikan egaliter dapat dilakukan dengan ceramah, nasihat, keteladanan dan metode kisah.Kata Kunci     :           Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak; Al-Qur’an Surat al-Hujurat ayat 11-13.
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2016-10-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang telah di-peer-review
Artikel yang telah di-peer-review
Deskriptif Kualitatif
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2330
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 1 No. 2 (2016): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 249-273
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 1 No 2 (2016): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 249-273
2548-3900
2528-2867
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2330/1733