ALGORITMA FUZZY NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN BIDANG KEAHLIAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
Joutica
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ALGORITMA FUZZY NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN BIDANG KEAHLIAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
|
|
Creator |
fuad, nurul
|
|
Description |
Pemilihan jurusan pada jenjang universitas sangat menentukan akan output yang dihasilkan, artinya jika mahasiswa dalam menentukan pilihan jurusan sesuai dengan bidang keahliannya maka dipastikan tidak akan ada kesulitan untuk mengembangkan diri dalam proses perkuliahan.Dalam penelitian ini menggunakan dua algoritma, yaitu Fuzzy dan Naive Bayes untuk mengklasifikasi bidang keahlian mahasiswa. Mahasiswa dalam perkuliahan mempunyai hoby dan kesukaan yang berbeda-beda terhadap mata kuliah. Mahasiswa Teknik Informatika mempunyai kesempatan dalam memilih bidang keahlian, yaitu: bidang keahlian jaringan, pemrograman, dan desain. Mahasiswa tidak semua akan menguasai bidang keahlian tersebut, sehingga harus memilih sesuai skill, hoby dan mata kuliah kesukaan, dan nilai. Penelitian ini akan membuat system untuk mengklasifikasi bidang keahlian mahasiswa teknik informatika UNISLA. Algoritma yang diimplimentasikan, yaitu Fuzzy untuk mengkategorikan dari nilai atau inputan angka, sedangkan naïve bayes digunakan untuk klasifikasi, dalam uji coba sistem ini didapatkan akurasi 100% dengan errored 0% dari 243 data yang olah pada proses training
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
PDP Direktorat jendral Dikti
|
|
Date |
2019-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika/article/view/330
10.30736/jti.v4i2.330 |
|
Source |
Jouticla; Vol 4, No 2 (2019); 302-309
Joutica; Vol 4, No 2 (2019); 302-309 2621-511X 2503-071X 10.30736/jti.v4i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika/article/view/330/pdf_1
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|