Record Details

KLASIFIKASI KELUHAN PELANGGAN BERDASARKAN TINGKAT PENANGANAN PADA PERUSAHAAN LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN ROCCHIO CLASSIFIER

Joutica

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KLASIFIKASI KELUHAN PELANGGAN BERDASARKAN TINGKAT PENANGANAN PADA PERUSAHAAN LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN ROCCHIO CLASSIFIER
 
Creator Suharso, Wildan
Wibowo, Hardianto
 
Subject Expert System
klasifikasi, rocchio, isp, perusahaan layanan internet, text mining
 
Description Banyak penelitian yang dilakukan untuk meneliti perusahaan layanan internet di Indonesia mulai dari penggunaan database, customer churn hingga penyelarasan tujuan teknologi informasi. Penelitian yang dilakukan oleh Suharso tahun 2013 menyatakan bahwa pelanggan tidak akan berpindah pada perusahaan pesaing jika pengguna merasa nyaman dengan layanan yang diberikan, namun permasalahan pelanggan tidak hanya disebabkan oleh layanan, aplikasi yang mendukung turut mendukung proses bisnis yang dilakukan seperti yang telah dijelaskan oleh Suharso pada tahun 2016. Salah satu aplikasi yang harus dibangun pada ISP adalah aplikasi yang memudahkan pegawai perusahaan layanan internet atau ISP dalam menyelesaikan keluhan pelanggan karena ditemukan keragaman penyelesaian permasalahan sehingga menyebabkan kurang standarnya waktu penyelesaian. Pendekatan text mining dilakukan untuk meminimalisir permasalahan dengan menggunakan rocchio classifier yang terdiri dari beberapa tahapan antara lain studi pustaka, pengumpulan data, preprocessing, features selection, rocchio classifier, dan analisis hasil. Hasil yang diperoleh antara lain waktu rata rata proses parsing adalah 0,0333 detik, rata-rata proses klasifikasi adalah 0,0905 detik, dan rata-rata keseluruhan proses adalah 0,1238 detik, selain secara fungsional aplikasi dapat membantu customer service dalam menentukan tingkat penanganan masalah.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika/article/view/236
10.30736/jti.v3i2.236
 
Source Jouticla; Vol 3, No 2 (2018); 206-210
Joutica; Vol 3, No 2 (2018); 206-210
2621-511X
2503-071X
10.30736/jti.v3i2
 
Language ind
 
Relation https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika/article/view/236/175
 
Rights ##submission.copyrightStatement##