Record Details

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL/ MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP

Jurnal Teknika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL/ MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP
 
Creator Nawafilah, Nur Qomariyah
 
Subject teknologi
Berpikir Kritis, Matematika, Penyelesaian Masalah
Teknik Informatika
 
Description Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kemampuan manusia untuk dapat menyaring  informasi  yang diterima. Oleh sebab itu manusia harus dapat berpikir kritis. Dalam dunia pendidikan, berpikir kritis dapat diajarkan melalui matematika, karena matematika merupakan sarana berpikir  yang  dapat  menumbuhkembangkan  daya  nalar  dan  cara  berpikir  logis.  Banyak  cara  untuk melatih  siswa  berpikir  kritis,  salah  satunya  adalah  dengan  menyelesaikan  soal  matematika  yang membutuhkan  berpikir  kritis.  Dengan  cara  tersebut  diharapkan  siswa  akan  terlatih  untuk  dapat menyelesaikan  masalah  dengan  logis  dan  sistematis.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mendeskripsikan level kemampuan berpikir  kritis siswa. Subjek penelitian  adalah siswa kelas VIII-C SMP  Negeri  1  Kediri  yang  terdiri  dari  25  siswa.  Siswa  diberikan  tes  berpikir  kritis  kemudian dikategorikan ke dalam level 4 (kritis), level 3 (cukup kritis), level 2 (kurang kritis), level 1 (tidak kritis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada level 4 sebanyak 4 anak (16%), level 3 sebanyak 8 anak (32%), level 2 sebanyak 6 anak (24%), dan level 1 sebanayk 7 anak (28%).
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2018-03-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


Teknik Informatika
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/article/view/189
10.30736/teknika.v9i2.189
 
Source Teknika; Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknika; 6
Jurnal Teknika; Vol 9, No 2 (2017): Jurnal Teknika; 6
2620-4770
2085-0859
10.30736/teknika.v9i2
 
Language ind
 
Relation https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/article/view/189/127
 
Rights ##submission.copyrightStatement##