Record Details

SISTEM CERDAS UNTUK KLASIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) BERBASIS WEB

Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SISTEM CERDAS UNTUK KLASIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) BERBASIS WEB
 
Creator Susilo, Zulfi Arie
 
Description Seiring  perkembangan  teknologi  saat  ini,  kemajuan  teknologi  berjalan  sangat  cepat.  Apabila  melihat  kenyataan  yang  ada  dalam  sistem  pendidikan  yang  diselenggarakan,  pada  umumnya  baru  menerapkan  beberapa  aspek  kognitif  tingkat  rendah,  seperti  pengetahuan,  pemahaman  dan  sedikit penerapan. Sedangkan tingkat analisis, sintesis dan evaluasi jarang sekali diterapkan. Apabila semua  tingkat  kognitif diterapkan secara merata dan terus-menerus maka hasil pendidikan akan lebih baik.  Untuk  menerapkan  kemampuan  kognitif  pada  siswa,  maka  perlu  adanya  media  pembelajaran  yang memanfaatkan teknologi serta penilaian kognitif yang dijadikan tolak ukur kemampuan kognitif siswa. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem cerdas untuk mengklasifikasi kemampuan kognitif siswa dengan  menggunakan  uji  coba  game  eduction.  rekaman  permainan  dijadikan  parameter  untuk  learning  menggunakan  ANFIS,  yang  selanjutnya  adalah  menentukan  membership  function  dari  masing-masing parameter. Parameter pada penelitian ini antara lain skor jawaban, waktu permainan,  serta penggunaan petunjuk oleh pemain atau siswa.
 
Publisher Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2017-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/JTIIES/article/view/150
 
Source Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik; Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik; 8 Halaman
2598-2248
 
Language ind
 
Relation https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/JTIIES/article/view/150/106
 
Rights ##submission.copyrightStatement##