METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM
JCE (Journal of Childhood Education)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM
|
|
Creator |
Trinovia, Ninda
Marlina, Serli |
|
Subject |
—
metode; kemandirian; anak usia dini; — |
|
Description |
Berdasarkan permasalahan kondisi pandemi yang sedang dialami dunia tentunya berpengaruh bagi anak usia dini salah satunya kemandirian dalam menjaga diri seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta kemandirian lainnya yang dilakukan disekolah tentunya butuh arahan dari guru agar karakter kemandirian ini dapat diterapkan sehingga anak tidak bergantung dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pengembangan karakter kemandirian pada masa pandemi di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambsahan data berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa metode ceramah dapat meningkatkan karakter kemandirian pada masa pandemi, dengan memberikan nasehat-nasehat kepada anak seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setelah beraktifitas serta kemandirian lainnya disekolah. Selain metode ceramah variasi metode yang digunakan berupa metode bernyanyi seperti nyanyian cuci tangan sebelum makan, metode cerita menggunakan buku karakter, metode bercakap-cakap serta melakukan dramatisasi cara mencuci tangan sangat baik dalam mengembangkan karakter kemandirian. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pengembaangan karakter kemandirian pada masa pandemi dapat digunakan metode ceramah serta memvariasikan dengan metode lain seperti bernyanyi, bercerita serta bercakap-cakap. kata kunci:
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/736
10.30736/jce.v6i1.736 |
|
Source |
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 6, No 1 (2022): March-Agust; 1-13
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 6, No 1 (2022): March-Agust; 1-13 2620-3278 2598-2184 10.30736/jce.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/736/pdf
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/downloadSuppFile/736/78 https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/downloadSuppFile/736/85 |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|