Record Details

METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM
 
Creator Trinovia, Ninda
Marlina, Serli
 
Subject
metode; kemandirian; anak usia dini;

 
Description Berdasarkan permasalahan kondisi pandemi yang sedang dialami dunia tentunya berpengaruh bagi anak usia dini salah satunya kemandirian dalam menjaga diri seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta kemandirian lainnya yang dilakukan disekolah tentunya butuh arahan dari guru agar karakter kemandirian ini dapat diterapkan sehingga anak tidak bergantung dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pengembangan karakter kemandirian pada masa pandemi di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambsahan data berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa metode ceramah dapat meningkatkan karakter kemandirian pada masa pandemi, dengan memberikan nasehat-nasehat kepada anak seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setelah beraktifitas serta kemandirian lainnya disekolah. Selain metode ceramah variasi metode yang digunakan berupa metode bernyanyi seperti nyanyian cuci tangan sebelum makan, metode cerita menggunakan buku karakter, metode bercakap-cakap serta melakukan dramatisasi cara mencuci tangan sangat baik dalam mengembangkan karakter kemandirian. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pengembaangan karakter kemandirian pada masa pandemi dapat digunakan metode ceramah serta memvariasikan dengan metode lain seperti bernyanyi, bercerita serta bercakap-cakap. kata kunci: 
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2022-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/736
10.30736/jce.v6i1.736
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 6, No 1 (2022): March-Agust; 1-13
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 6, No 1 (2022): March-Agust; 1-13
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/736/pdf
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/downloadSuppFile/736/78
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/downloadSuppFile/736/85
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2022 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/