Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU LIFT THE FLAP FLANEL UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA BUKU LIFT THE FLAP FLANEL UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI
 
Creator Nugrahani, Risma
Permata, Rista Dwi
 
Subject
lift the flap, logika matematika;

 
Description Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan sebuah produk. yang memiliki nilai kelayakan. Dalam perancangannya melalui tahapan-tahapan pengembangan yang terstruktur dan sistematis serta dilakukan pengujian terhadap subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media buku lift the flap flanel untuk mengoptimalkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok A di dua lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Tuban. Waktu penelitian dimulai pada bulan April sampai dengan bulan November tahun 2021. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg & Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal. Data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini berupa data kuntitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis uji kelayakan pada penelitian pengembangan ini, mendapatkan hasil 86,6% untuk validasi ahli materi (sangat layak dengan revisi) dan 70% untuk validasi ahli media (layak dengan revisi). Sedangkan uji kelayakan pada dua lembaga TK didapatkan hasil 87,5 % yaitu sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku lift the flap flanel telah layak digunakan sebagai media pembelajaran di Taman Kanak Kanak
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-09-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/658
10.30736/jce.v5i2.658
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 532-541
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 532-541
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/658/487
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/