Record Details

KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING
 
Creator Niharotussadiah, Niharotussadiah
Darmiyanti, Astuti
Riana, Nancy
 
Subject
Parent and teacher collaboration; Early childhood; Memorizing the Qur'an Online;

 
Description Proses pebelajaran pada anak usia dini mengalami perubahan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian dialihkan menjadi daring (dalam jaringan) sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, sehingga berdampak pada hasil pencapaian hafalan anak-anak dan menuntut keterlibatan orang tua dalam mendamping anak belajar menghafal Al-Qur’an di rumah yang mana orang tua memiliki keterbatasan kemampuan dan waktu. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana kolaborasi orang tua dan guru dalam mendampingi anak usia dini 5-6 tahun menghafal AlQur’an secara daring. Karena, peran orang tua saat ini bertambah untuk menjadi guru di rumah, akan tetapi peran guru tidak akan lepas untuk selalu membimbing proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an di rumah secara daring. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan triangulasi data yang diperoleh dari informan dan subjek penelitian. Analisis data dari pengambilan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keberhasilan kolaborasi orang tua dan guru dalam mendampingi anak usia dini 5-6 tahun dalam menghafal Al-Qur’an secara daring yaitu dipengaruhi oleh faktor komunikasi antara orang tua dan guru secara intens dan partisipatif serta penggunaan media pembelajaran speaker Al-Qur’an untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi dan mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an di rumah, serta pemanfaatan teknologi whatssapp sebagai alat komunikasi antara orang tua, guru dan anak.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-08-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/551
10.30736/jce.v5i1.551
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 1 (2021): March-Agust; 224-239
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 1 (2021): March-Agust; 224-239
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v5i1
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/551/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/