Record Details

Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
 
Creator Fydarliani, Dina
Muslihin, Heri Yusuf
Mulyadi, Sima
 
Subject


 
Description Permainan congklak merupakan permainan tradisional yang sampai saat ini masih dikenal di masyarakat, namun seiring dengan perkembangan zaman, permainan congklak mulai ditinggalkan karena sudah ada yang lebih canggih sehingga perlahan mulai dilupakan oleh masyarakat terutama anak-anak. Meski permainan congklak digunakan untuk kesenangan semata, ternyata jika diteliti lebih dalam permainan  congklak memiliki manfaat terkhusus dalam mengambangkan aspek perkembangan kognitif bagi anak usia dini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan bagaimana permainan congklak dapat menstimulasi dari segi aspek perkembangan kognitif anak usia dini, sehingga pemanfaatan permainan congklak dapat lebih dikembangkan  dalam penggunaannya, baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pembelajaran. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun sasaran penelitian adalah Guru TK sebagai narasumber dengan alat pengumpulan data berupa lembar wawancara dan lembar ceklis. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan congklak dapat mengembagkan perkembangan kognitif seperti:  keterampilan membilang, keterampilan menghitung dan menjumlah, mengasah Analisa, mengatur strategi, dsb. Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengembangkan permainan congklak baik di masyarakat maupun sebagai media pembelajaran.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-07-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/499
10.30736/jce.v5i1.499
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 1 (2021): March-Agust; 214-223
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 1 (2021): March-Agust; 214-223
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v5i1
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/499/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/