Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
JCE (Journal of Childhood Education)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
|
|
Creator |
Fydarliani, Dina
Muslihin, Heri Yusuf Mulyadi, Sima |
|
Subject |
—
— — |
|
Description |
Permainan congklak merupakan permainan tradisional yang sampai saat ini masih dikenal di masyarakat, namun seiring dengan perkembangan zaman, permainan congklak mulai ditinggalkan karena sudah ada yang lebih canggih sehingga perlahan mulai dilupakan oleh masyarakat terutama anak-anak. Meski permainan congklak digunakan untuk kesenangan semata, ternyata jika diteliti lebih dalam permainan congklak memiliki manfaat terkhusus dalam mengambangkan aspek perkembangan kognitif bagi anak usia dini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan bagaimana permainan congklak dapat menstimulasi dari segi aspek perkembangan kognitif anak usia dini, sehingga pemanfaatan permainan congklak dapat lebih dikembangkan dalam penggunaannya, baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pembelajaran. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun sasaran penelitian adalah Guru TK sebagai narasumber dengan alat pengumpulan data berupa lembar wawancara dan lembar ceklis. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan congklak dapat mengembagkan perkembangan kognitif seperti: keterampilan membilang, keterampilan menghitung dan menjumlah, mengasah Analisa, mengatur strategi, dsb. Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengembangkan permainan congklak baik di masyarakat maupun sebagai media pembelajaran.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/499
10.30736/jce.v5i1.499 |
|
Source |
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 1 (2021): March-Agust; 214-223
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 1 (2021): March-Agust; 214-223 2620-3278 2598-2184 10.30736/jce.v5i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/499/pdf
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|