Record Details

MENCETAK GENERASI ANAK USIA DINI YANG BERJIWA QUR’ANI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENCETAK GENERASI ANAK USIA DINI YANG BERJIWA QUR’ANI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 
Creator Hidayati, Eka Wahyu
 
Subject Generasi Qur’ani; Anak Usia Dini; Pendidikan Agama Islam;
 
Description Al Qur’an adalah sumber segala ilmu. Baik itu ilmu umum, maupun ilmu agama. Anak usia dini sebagai generasi yang berjiwa qur’ani akan membuat pendidikan menjadi lebih baik. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang harus ditanamkan pada anak sedini mungkin agar mempunyai arah tujuan yang lurus dan benar. Penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dalam bentuk library research dengan metode dokumentasi untuk menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui generasi anak usia dini yang berjiwa qur’ani dan perspektif pendidikan agama Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu generasi anak usia dini qur’ani adalah generasi yang menjaga ayat-ayat Allah dihatinya, yang memiliki kepribadian Qur’ani, yang mengambil Al-Qur’an sebagai sumber utama kehidupannya melalui membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dalam setiap aspek kehidupan. Kedua yaitu dalam perspektif Pendidikan Agama Islam yaitu: dengan membangun kepribadian Qur’ani sejak dini dengan cara antara lain: membangun rasa cinta pada Al-Qur’an, memperdengarkan lantunan ayat Al Qur’an one day one juz, menumbuhkan mujahadah takwa kepada Allah, tadabbur Al-Qur’an, mengatasi rasa malas berinteraksi dengan Al-Quran, serta menyampaikan isi Al-Qur’an.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-03-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/93
10.30736/jce.v3i1.93
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 3, No 2 (2019): September - February; 139-159
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 3, No 2 (2019): September - February; 139-159
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/93/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Journal of Childhood Education
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0