MENCETAK GENERASI ANAK USIA DINI YANG BERJIWA QUR’ANI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JCE (Journal of Childhood Education)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENCETAK GENERASI ANAK USIA DINI YANG BERJIWA QUR’ANI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
|
|
Creator |
Hidayati, Eka Wahyu
|
|
Subject |
Generasi Qur’ani; Anak Usia Dini; Pendidikan Agama Islam;
|
|
Description |
Al Qur’an adalah sumber segala ilmu. Baik itu ilmu umum, maupun ilmu agama. Anak usia dini sebagai generasi yang berjiwa qur’ani akan membuat pendidikan menjadi lebih baik. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang harus ditanamkan pada anak sedini mungkin agar mempunyai arah tujuan yang lurus dan benar. Penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dalam bentuk library research dengan metode dokumentasi untuk menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui generasi anak usia dini yang berjiwa qur’ani dan perspektif pendidikan agama Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu generasi anak usia dini qur’ani adalah generasi yang menjaga ayat-ayat Allah dihatinya, yang memiliki kepribadian Qur’ani, yang mengambil Al-Qur’an sebagai sumber utama kehidupannya melalui membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dalam setiap aspek kehidupan. Kedua yaitu dalam perspektif Pendidikan Agama Islam yaitu: dengan membangun kepribadian Qur’ani sejak dini dengan cara antara lain: membangun rasa cinta pada Al-Qur’an, memperdengarkan lantunan ayat Al Qur’an one day one juz, menumbuhkan mujahadah takwa kepada Allah, tadabbur Al-Qur’an, mengatasi rasa malas berinteraksi dengan Al-Quran, serta menyampaikan isi Al-Qur’an.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/93
10.30736/jce.v3i1.93 |
|
Source |
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 3, No 2 (2019): September - February; 139-159
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 3, No 2 (2019): September - February; 139-159 2620-3278 2598-2184 10.30736/jce.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/93/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Journal of Childhood Education
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|