KEGIATAN MENULIS EKSPRESIF BAGI IBU UNTUK MENGATASI STRESS PENGASUHAN SELAMA MASA PANDEMI
JCE (Journal of Childhood Education)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEGIATAN MENULIS EKSPRESIF BAGI IBU UNTUK MENGATASI STRESS PENGASUHAN SELAMA MASA PANDEMI
|
|
Creator |
Jayanti, Diana Dwi
Jihansyah, Imas Putri, Nindi Atika |
|
Subject |
—
Menulis ekspresif; Stres pengasuhan; Masa pandemi; — |
|
Description |
Masa pendemi bagi orangtua menjadi situasi yang penuh tekanan, ditambah lagi adanya beban ganda yang dihadapi dalam mendampingi anak belajar dari rumah. Hal ini ini berpengaruh pada meningkatnya level stres orang tua yang berimbas pada tindak kekerasan pada anak selama pandemi. Artikel ini bertujuan untuk memberikan telaah yang didasarkan pada kajian pustaka dalam menawarkan potensi kegiatan menulis ekspresif sebagai strategi pengelolaan stres bagi ibu selama menjalani berbagai tuntutan peran di rumah selama pandemi. Berdasarkan telaah dan analisis pustaka yang telah dilakukan dapat dikatakan kegiatan menulis ekspresif dapat menjadi salah satu strategi koping yang berfungsi untuk mengkomunikasikan dan mengekspresikan perasaan dan emosi yang dialami, sehingga orang tua dapat memahami permasalahan yang dihadapi secara lebih jernih dan tenang dalam menemukan cara-cara yang lebih positif dan adaptif dalam menghadapi segala kondisi yang penuh tekanan selama masa pandemi
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-02-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/754
10.30736/jce.v5i2.754 |
|
Source |
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 597-607
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 597-607 2620-3278 2598-2184 10.30736/jce.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/754/514
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|