Record Details

KONSTRUKSI KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM: EKSISTENSI DAN RELEVANSI MENDIDIK ANAK USIA DINI

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSTRUKSI KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM: EKSISTENSI DAN RELEVANSI MENDIDIK ANAK USIA DINI
 
Creator Albab, Hayyan Ahmad Ulul
 
Subject
Pendidikan Islam; Guru; Anak Usia Dini;

 
Description Konstruksi kelembagaan pendidikan Islam meliputi beberapa bentuk, bentuk pertama, pendidikan oleh diri sendiri. Kedua, pendidikan oleh lingkungan. Ketiga, pendidikan oleh orang lain. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif dengan merujuk pada sumber-sumber referensi sesuai dengan tema yang berhubungan. Pendidikan Islam memandang guru sebagai titik pusat pendidikan yang memiliki beberapa istilah. Mu’allim lebih menekankan atas guru itu sebagai pengajar, penyampai ilmu dan pengetahuan. Mu’addib menekankan guru sebagai pembina akhlak dan moralitas siswanya supaya kelak menjadi teladan bagi orang lain. Murabbi mengandung arti mengembangkan dan memelihara aspek jasmani dan rohani murid dengan menambahkan sifat kasih sayang guru harus memiliki adab yang baik yang akan digunakan sebagai contoh siswanya agar mereka meniru apa yang dilakukan gurunya dan dikatakan gurunya. Substansi pendidikan Islam merupakn Sumber pendidikan Islam yaitu Al Qur’an dan as Sunnah dengan menggunakan dasar pendidikan Islam meliputi dasar Ibadah, dasar Syariat (cara untuk mengajarkan ajaran agama Islam) dan dasar rasional (pembelajaran kehidupan manusia beserta alam sekitarnya)
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2022-01-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/724
10.30736/jce.v5i2.724
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 559-579
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 559-579
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/724/511
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2022 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/