Record Details

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA
 
Creator Jayanti, Diana Dwi
 
Subject Dasar-dasar Pendidikan; Pendidikan Anak Usia Dini; Ki Hadjar Dewantara
 
Description Tulisan ini merupakan hasil telaah dan analisis teoritis atas pemikiran salah satu tokoh Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Di tengah keringnya pelaksanaan praksis pendidikan dari ruh landasan filosofis, pemikiran-pemikiran beliau yang sangat mendasar, mendalam, dan visioner tentang pendidikan khususnya dalam konteks budaya Indonesia, dirasa masih sangat relevan untuk dikaji lebih jauh, sehingga dapat dipahami, diinternaslisasi kemudian dijadikan sebagai landasan filosofis pelaksanaan praksis pendidikan di Indonesia. Pemikiran-pemikiran tersebut lahir dan diramu dalam konteks kebudayaan bangsa Indonesia yang khas. Pada tulisan ini akan dibahas beberapa hal antara lain tentanng: 1) Pandangan dasar tentang jiwa anak sebagai peserta didik, 2) Fungsi, tujuan pendidikan serta Bagaimana seharusnya pendidikan yang tidak menyalahi kodrat jiwa anak, 3) Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Melalui tulisan ini diharapkan dapat memberikan tambahan wacana dan sudut pandang pembahasan tentang filsafat pendidikan, serta dapat menjadi salah satu alternatif kajian filosofis pendidikan di Indonesia, diantara banyaknya referensi-referensi yang berasal dari pemikiran para tokoh pendidikan dari luar negeri yang tentunya perlu adaptasi dan modifikasi jika ingin dijadikan sebagai dasar pijakan praksis pendidikan di Indonesia
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-11-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/39
10.30736/jce.v2i1.39
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 2, No 2 (2018): September - February; 222-238
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 2, No 2 (2018): September - February; 222-238
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v2i1
 
Language ind
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/39/36
 
Rights Copyright (c) 2019 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0