Record Details

ANALISIS PENGENALAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENGENALAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL
 
Creator Safitri, Desi Nur
 
Subject
Literasi Digital; Anak Usia Dini; Masa New Normal;

 
Description Penelitian ini berdasarkan pengamatan pada masa pandemi Covid-19 yang memperlihatkan bahwa metode pembelajaran di Taman Kanak-Kanak berganti dari tatap muka menjadi sistem Belajar Dari Rumah (BDR) dari jarak jauh yang mengakibatkan anak pada Taman Kanak-Kanak menggunakan teknologi digital khususnya teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana penunjang untuk belajar. Terlebih lagi saat ini merupakan era digitalisasi, semua serba digital dimana pengguna teknologi digital bukan hanya orang dewasa atau remaja saja, namun anak usia dini juga. Tujuan penelitian ini untuk memahami pentingnya literasi digital dikenalkan pada anak-anak usia dini pada masa new normal. Jenis penelitian yang dipakai adalah studi literatur melalui pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini ialah pengenalan literasi digital bagi anak usia dini penting dilakukan karena perkembangan teknologi semakin pesat dan tingkat penggunaan teknologi digital oleh anak usia dini semakin tinggi. Pengenalan literasi digital bermanfaat untuk mewujudkan anak terpelajar, kritis, dan berkompeten pada berbagai macam media yang akhirnya mampu mengendalikan interpretasi dari apa yang dilihat dan didengar. Pengenalan literasi digital anak usia dini dilaksanakan secara bertingkat. Pengenalan literasi digital kepada anak dilakukan melalui pendekatan dan pembiasaan oleh orang tua dan guru.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-10-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/564
10.30736/jce.v5i2.564
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 303-319
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 303-319
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/564/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/