Record Details

PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN BERBASIS STEAM BAGI GURU PAUD SE-KECAMATAN GUNUNG KIJANG PROVINSI KEPULAUAN RIAU

JCE (Journal of Childhood Education)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN BERBASIS STEAM BAGI GURU PAUD SE-KECAMATAN GUNUNG KIJANG PROVINSI KEPULAUAN RIAU
 
Creator Abror, Mhd
Retnaningsih, Lina Eka
Rosa, Nadya Nela
Sinaga, Syukri Ernayati Nurintan Sahri
 
Subject
Metode Pembelajaran; STEAM; Guru PAUD;

 
Description Pembelajaran di tengah pandemi covid 19 membawa banyak perubahan pada suasana pembelajaran anak usia dini. Anak-anak menjadi tidak bersemangat dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, bergantung dengan guru dan tidak antusias mengerjakan tugas. Pengetahuan guru tentang metode pembelajaran yang membuat anak lebih antusias masih terbatas. Kualifikasi akademik guru PAUD se-kecamatan Gunung Kijang sebagian besar lulusan SMA. Setelah dilaksanakan pelatihan diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan skill guru PAUD dalam menerapkan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga bisa menjawab solusi permasalahan yang dialami guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Metode yang dipakai yaitu Asset Based Community-Driven Development (ABCD), merupakan metode yang berupaya memberdayakan masyarakat dengan mengenali aset-aset yang dimilikinya baik yang bersifat materi maupun imateri. Setelah dilaksanakan pelatihan, praktik pelaksanaan STEAM di sekolah, evaluasi pelaksanaan STEAM dan monitoring penerapan STEAM di beberapa lembaga PAUD, bisa dilihat bahwa pengetahuan dan kemampuan guru terhadap penerapan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bisa meningkat. Penggunaan  metode STEAM dengan bahan loose parts membuat anak-anak tampak antusias menerangkan bahan loose parts serta dapat mengenal keanekaragaman alam sekitar baik ciri, tekstur maupun fungsinya (Science), peralatan yang digunakan membantu anak mengembangkan kordinasi tangan dan mata, melatih otot tangan dan jari (Technology), meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam merangkai atau membangun suatu bentuk dengan menggunakan media loose parts (Engineering), meningkatkan kemampuan anak mendesain sebuah hasil karya dan mengeksplorasi benda-benda yang dapat digunakan disekitar untuk menghasilkan karya seni (Art), meningkatkan kemampuan matematika (Mathematics) anak usia dini dengan bermain loose parts yang tersedia disekitarnya.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-11-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/634
10.30736/jce.v5i2.634
 
Source JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 441-459
JCE (Journal of Childhood Education); Vol 5, No 2 (2021): September-February; 441-459
2620-3278
2598-2184
10.30736/jce.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/634/476
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JCE (Journal of Childhood Education)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/