Record Details

Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19
 
Creator Linda, Rizky Fadjar Choirrul
Ngazizah, Nur
 
Subject
Covid-19, Kompetensi guru, Pembelajaran daring

 
Description Abstrak: Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk melaksanakan pembelajaran secara daring pada semua elemen pendidikan. Guru merupakan  elemen terpenting terhadap jalannya kegiatan belajar mengajar, sehingga guru dituntut beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan sistem pembelajaran. Guru  perlu mengembangkan kompetensi dalam mengelola pembelajaran setelah adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu menafsirkan data yang didapat dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket yang disebarkan melalui google formulir, sedangkan teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa, kompetensi pedagogik guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori baik dengan persentase 66,5%. Kompetensi kepribadian guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori sangat baik dengan persentase 94%. Kompetensi sosial guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori sangat baik dengan persentase 83%. Kompetensi profesional guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori baik dengan persentase 79%.Kata Kunci: Covid-19, Kompetensi guru, Pembelajaran daring Abstract: The Covid-19 pandemic requires people to carry out online learning on all elements of education. A teacher is one of the prominent subjects in teaching and learning activities who has to quickly adapt to changes in the learning system. The Teachers need to be competent in managing learning that is different from before the Covid-19  pandemic. This study aims to provide an overview teachers’ competence during the Covid-19 pandemic at Muhammadiyah Elementary School Purworejo. The research method used descriptive by using a quantitative approach, namely interpreting data obtained from the field. Data collection using questionnaires distributed through google forms. The research data has analizied through Quantitative descriptive data analysis techniques. The research showed that the pedagogic teachers’ competency of  Muhammadiyah in Purworejo Teacher is in  good category with 66,5% percentage. The personality competency of muhammadiyah elementary school teachers in Purworejo district in the category is very good with a 94% percentage. The social competence of muhammadiyah elementary school teachers in Purworejo district is very good with a percentage of 83% while the teachers’ Competence of  SD Muhammadiyah in Purworejo District is in t good category with a 79% percentage.Keywords: covid-19, teacher competency, online learning
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-06-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/479
10.30736/atl.v5i1.479
 
Source At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 1 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 57-74
AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 1 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 57-74
2621-895X
2579-6259
10.30736/atl.v5i1
 
Language ind
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/479/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Rizky Fadjar Choirrul Linda, Nur Ngazizah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0