Pengembangan Modul Pembelajaran Fikih Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MI Miftahul Ulum Al-Islamy Kedungdung Modung Bangkalan
At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Modul Pembelajaran Fikih Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MI Miftahul Ulum Al-Islamy Kedungdung Modung Bangkalan
|
|
Creator |
Wardi, Moh
Sulalah, Nurus Jannah, Raudlatul |
|
Subject |
—
— — |
|
Description |
Abstrak: iPenelitian iini ibertujuan iuntuk imengembangkan ibahan iajar iberupa imodul ipada imata ipelajaran ifiqih, idan i imengetahui idampak ipenggunaannya iterhadap imeningkatkan ikemandirian ibelajar isiswa. iPenelitian iini imenggunakan ipendekatan ipenelitian idan i ipengembangan iatau iResearch iand iDevelopment i(R&D) idengan imenggunakan imodel ipengembangan iDick iand iCarey. iTeknik ipengumpulan idata idengan imenggunakan iangket, iobservasi idan iwawancara. iAngket idigunakan iuntuk imengumpulkan idata itentang ipengembangan imodul ipembelajaran iyang idibuat idan idijawab ivalidator iyang iterkait iantara ilain: iahli iisi/media, iahli idesaign, iahli ibahasa, iahli ipembelajaran i(guru imapel) idan isiswa. iMetode iyang idigunakan iuntuk imenganalisis idata idiungkapkan idalam idistribusi iskor i iskala iempat iterhadap ikategori iskala ipenilaian iyang itelah iditentukan. iHasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa imenghasilkan iproduk imodul ipembelajaran ifikih iyang isudah idinyatakan ilayak idigunakan isetelah idilakukan ipengujian ioleh ipengembang iahli iisi/media, iahli idesaign, iahli ibahasa, iahli ipembelajaran i(guru imapel) idan isiswa. iTerdapat ipeningkatan iyang isignifikan iterhadap ikemandirian ibelajar isiswa idilihat idari ihasil itest isiswa iberupa iangket idan ilembar iobservasi. i Kata iKunci i: iModul iFikih idan iKemandirian iBelajarAbstract: iThis iresearch iaims ito idevelop iteaching imaterials iin ithe iform iof imodules ion ifiqh isubjects, iand ifind iout ithe iimpact iof itheir iuse ion iincreasing istudents' ilearning iindependence. iThis iresearch iuses ia iresearch iand idevelopment i(R&D) iapproach iusing ithe iDick iand iCarey idevelopment imodel. iData icollection itechniques iusing iquestionnaires, iobservations iand iinterviews. iQuestionnaires iare iused ito icollect idata ion ithe idevelopment iof ilearning imodules icreated iand ianswered iby irelevant ivalidators, iamong iothers: icontent i/ imedia iexperts, idesaign iexperts, ilinguists, ilearning iexperts i(mapel iteachers) iand istudents. iThe imethods iused ito ianalyze ithe idata iare iexpressed iin ithe idistribution iof ifour-scale iscores iagainst ipredefined icategories iof iscoring iscales. iThe iresults iof ithe istudy ishowed ithat iproducing ia ifikih ilearning imodule iproduct ithat ihad ibeen ideclared ifit ifor iuse iafter itesting iby ithe ideveloper iof icontent i/ imedia iexperts, idesaign iexperts, ilinguists, ilearning iexperts i(mapel iteachers) iand istudents. iThere iis ia isignificant iincrease iin istudent ilearning iindependence ijudging ifrom ithe iresults iof istudent itests iin ithe iform iof iquestionnaires iand iobservation isheets. i Keywords: iFiqh iModule iAnd iLearning iIndependence Abstrak: iPenelitian iini ibertujuan iuntuk imengembangkan ibahan iajar iberupa imodul
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-04-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/596
10.30736/atl.v5i2.596 |
|
Source |
At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 2 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 151-158
AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 2 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 151-158 2621-895X 2579-6259 10.30736/atl.v5i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/596/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Moh Wardi, Nurus Sulalah, Raudlatul Jannah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|