Pengaruh Pembiasaan Menghafal Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Matematika Kelas III
At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Pembiasaan Menghafal Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Matematika Kelas III
|
|
Creator |
Agustin, Rodhiyah Dwi
|
|
Subject |
—
Pembiasaan Menghafal Perkalian, Hasil Belajar, Matematika — |
|
Description |
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembiasaan menghafal perkalian terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdapat siswa kelas III di SDN Mangunharjo 3 untuk kelas eksperimen dan siswa kelas III di SDN Mangunharjo 4 untuk kelas kontrol. Jumlah sampel di kelas kontrol 15 siswa dan 16 siswa di eksperimen. Teknik sampling penelitian ini memakai purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu tes. Hasil dari penelitian menampilkan analisis Uji T-Test terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, diperoleh hasil thitung < ttabel (0,042 < 0,05), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembiasaan menghafal perkalian memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas III.Abstract: The purpose of this research is to find out the effect of multiplication memorization habituation on the students’ learning outcomes in the thematic learning of Mathematics Class III. A quantitative research method was used in a quasi-experimental design. The sample of this research consisted of the third graders at SDN Mangunharjo 3 for the experimental group and the third graders at SDN Mangunharjo 4 for the control group. The number of students in the control and experimental group was 15 and 16, respectively. This research employed a purposive sampling technique, while the test was used as the data collection technique. The results of this research showed the results of the T-test analysis on the students’ ability to accomplish multiplication questions. It was obtained that the tvalue is less than ttable (0,042 < 0,05). Hence, it can be concluded that the multiplication memorization habituation on students’ learning outcomes in the thematic learning of Mathematics Grade III.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-04-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/539
10.30736/atl.v5i2.539 |
|
Source |
At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 2 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 111-120
AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 2 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 111-120 2621-895X 2579-6259 10.30736/atl.v5i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/539/pdf
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/downloadSuppFile/539/43 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Rodhiyah Dwi Agustin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|