Record Details

Pengaruh Pembiasaan Menghafal Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Matematika Kelas III

At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Pembiasaan Menghafal Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Matematika Kelas III
 
Creator Agustin, Rodhiyah Dwi
 
Subject
Pembiasaan Menghafal Perkalian, Hasil Belajar, Matematika

 
Description Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembiasaan menghafal perkalian terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdapat siswa kelas III di SDN Mangunharjo 3 untuk kelas eksperimen dan siswa kelas III di SDN Mangunharjo 4 untuk kelas kontrol. Jumlah sampel di kelas kontrol 15 siswa dan 16 siswa di eksperimen. Teknik sampling penelitian ini memakai purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu tes. Hasil dari penelitian menampilkan analisis Uji T-Test terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, diperoleh hasil thitung < ttabel (0,042 < 0,05), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembiasaan menghafal perkalian memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas III.Abstract: The purpose of this research is to find out the effect of multiplication memorization habituation on the students’ learning outcomes in the thematic learning of Mathematics Class III. A quantitative research method was used in a quasi-experimental design. The sample of this research consisted of the third graders at SDN Mangunharjo 3 for the experimental group and the third graders at SDN Mangunharjo 4 for the control group. The number of students in the control and experimental group was 15 and 16, respectively. This research employed a purposive sampling technique, while the test was used as the data collection technique. The results of this research showed the results of the T-test analysis on the students’ ability to accomplish multiplication questions. It was obtained that the tvalue is less than ttable (0,042 < 0,05). Hence, it can be concluded that the multiplication memorization habituation on students’ learning outcomes in the thematic learning of Mathematics Grade III.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2022-04-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/539
10.30736/atl.v5i2.539
 
Source At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 2 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 111-120
AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 2 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 111-120
2621-895X
2579-6259
10.30736/atl.v5i2
 
Language ind
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/539/pdf
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/downloadSuppFile/539/43
 
Rights Copyright (c) 2021 Rodhiyah Dwi Agustin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0