Record Details

Mengembangkan Ekoliterasi dan Ekopreneurship Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project Based Learning (PjBL)

At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mengembangkan Ekoliterasi dan Ekopreneurship Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project Based Learning (PjBL)
 
Creator Mufidah, Zulfin Rachma
Iswara, Prana Dwija
Hermanto, Febrika Yogie
 
Subject
ecopreneurship, ecoliterasi, project based learning, tematik

 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan ekoliterasi dan ekopreneurship siswa sekolah dasar kelas IV. Proses pembelajaran tematik integratif melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini mendukung mahasiswa agar literat lingkungan. Siswa mampu memanfaatkan lingkungan dengan baik melalui kegiatan ecopreneurship dengan proyek menjadikan produk dari barang bekas menjadi barang baru yang memiliki nilai jual tinggi. Hasil pembelajaran yang dibuat siswa adalah “damarkurung” yang merupakan keluaran dari percobaan sains. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui lembar validasi, lembar observasi, dan penilaian produk studentpreneurship. Pembelajaran tematik dilaksanakan melalui 6 langkah yang sesuai dengan sintaksis pembelajaran berbasis proyek, yaitu menentukan pertanyaan dasar, merancang perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau kemajuan proyek, menguji proses dan hasil pembelajaran, serta mengevaluasi pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar dapat mendukung pendidikan ecopreneurship dan literasi lingkungan siswa sekolah dasar. Siswa mengetahui cara memanfaatkan bahan bekas dengan tepat dan bermanfaat. Pengembangan ecoliterasi siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa lebih menikmati proses pembelajaran tematik integratif dan semangat menunjukkan kreatifitasnya.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-09-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/509
10.30736/atl.v5i1.509
 
Source At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 1 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 75-88
AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 5, No 1 (2021): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 75-88
2621-895X
2579-6259
10.30736/atl.v5i1
 
Language ind
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/509/pdf
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/downloadSuppFile/509/31
 
Rights Copyright (c) 2021 Zulfin Rachma Mufidah, Prana Dwija Iswara
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0