Record Details

KONSEP ILMU SOSIAL PROFETIK KUNTOWIJOYO TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP ILMU SOSIAL PROFETIK KUNTOWIJOYO TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
 
Creator Anisa, Rifka
Soraya, Siti Zazak
Nurdahlia, Dwi Ulfa
 
Subject Pendidikan Agama Islam
Ilmu Sosial Profetik, Kuntowijoyo, Pendidikan Islam

 
Description Konsep ilmu sosial profetik merupakan konsep kenabian yang dimunculkan oleh filsuf Muslim kontemporer, Muhammad Iqbal yang kemudian dikembangkan oleh Kuntowijoyo sebagaimana dalam QS Ali Imran: 110. Adapun unsur-unsur ilmu social profetik, yakni humanisasi, liberasi, dan transendensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai konsep ilmu sosial profetik menurut Kuntowijoyo. Peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan yang dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) cara pandang pendidikan dalam paradigma humanisasi lebih mengedepankan pada proses memanusiakan manusia. Oleh karena itu, guru perlu menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki tiap peserta didik tanpa pandang bulu. Selanjutnya, (2) dalam paradigma pendidikan liberasi, pendidikan dipandang sebagai proses pembebasan dari kebodohan dan ketidakadilan. Pendidik dituntut kreatif inovatif untuk memotivasi peserta didik agar mampu melawan kebodohan yang disebabkan oleh faktor kemalasan. Sementara itu, (3) pendidikan transendensi lebih bersifat pada hubungan vertikal antara individu dengan Tuhannya. Peserta didik yang mempunyai iman yang baik akan lebih berhati-hati dalam mengamalkan ilmunya dan tidak berbuat curang ketika ujian
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/682
10.30736/ktb.v5i2.682
 
Source Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; 93-100
2550-0341
2549-7987
10.30736/ktb.v5i2
 
Language ind
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/682/505
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0