Record Details

INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MA SAINS ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN

Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MA SAINS ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN
 
Creator Rokim, Rokim
Hikmah, Roudlotul
 
Subject
Madrasah, Integrasi, Sains, Agama

 
Description Tantangan epistimologis bagi perkembangan pendidikan Islam kontemporer dalam konteks madrasah adalah dalam rangka menjawab tuntutan transformasi kelembagaan di tengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi MA Ilmu Roudlotul Qur’an dalam membangun citra institusinya dengan menggunakan paradigma integrasi keilmuan yang diterapkan pada nama madrasah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) menetapkan paradigma pendidikan agama dan keilmuan sebagai dasar untuk menciptakan perbedaan di madrasah melalui rumusan visi, misi, dan desain kurikulum dengan menggunakan strategi/silabus bedah KD materi PAI terhadap materi IPA terkait. 2) optimalisasi layanan dalam upaya membangun brand image madrasah menggunakan 7 elemen bauran layanan pendidikan, yaitu menjamin kualitas madrasah, menetapkan model biaya pendidikan bottom-up dengan dana donatur orang tua dan beasiswa, ketepatan memilih strategi lokasi dengan area parkir yang memadai, promosi lahiriah dan spiritual, kesadaran warga madrasah, penggunaan sidik jari absensi dan layanan full wi-fi, pengelolaan aplikasi POAC.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2021-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/667
10.30736/ktb.v5i2.667
 
Source Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; 64-79
2550-0341
2549-7987
10.30736/ktb.v5i2
 
Language ind
 
Relation https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/667/492
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0