TANTANGAN PEMBARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TANTANGAN PEMBARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA
|
|
Creator |
Madekhan, Madekhan
|
|
Subject |
—
— — |
|
Description |
Kolonialisme telah mengakibatkan kerumitan tersendiri dalam proses pembaruan pendidikan di Indonesia. Keanekaragaman Nusantara, dari sisi sosial, politik dan budaya juga tidak kalah penting menjadi faktor-faktorĀ yang mempersulit kinerja para pendidik, pemerintah, sekaligus para perencana pendidikan dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. Meski sistem pendidikan secara umum sudah maju dalam serangkaian penyesuaian dan pembaruan, namun sampai saat ini tantangan pembaruan pendidikan setidaknya berada pada 3 aspek besar. Pertama, aspek geografi dimana beragamnya kondisi geografis, dan jarak yang memisahkan antar pulau di Indonesia. Kedua, keragaman sosial dimana meski terjadi penurunan drastis buta huruf dan tingkat putus sekolah selama 50 tahun terakhir, namun masih terdapat disparitas kualitas pendidikan antara wilayah perkotaan, pedesaan dan daerah terpencil. Ketiga, kultur pengajaran yang lebih berorientasi pada asumsi target pengetahuan yang seharusnya dikuasai peserta didik.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/702
10.30736/ktb.v5i2.702 |
|
Source |
Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; 130-140
2550-0341 2549-7987 10.30736/ktb.v5i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/702/508
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|