Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas Vii-F Smp Negeri 4 Gresik Tahun 2019-2020.
Akademika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas Vii-F Smp Negeri 4 Gresik Tahun 2019-2020.
|
|
Creator |
Choiriyah, Churun
|
|
Subject |
—
Hasil Belajar; Matematika; Pembelajaran Kooperatif |
|
Description |
Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan melalui pembelajaran koopratif tipe numbered head together di kelas Vii-F SMP Negeri 4 Gresik ini dapat diketahui dengan beberapa tahap siklus analisis dan teori yang relevan digunakan. Dalam meningkatkan hasil belajar ada dua siklus dan memiliki empat tahap. Pertama perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sehingga dapat menjawab tiga permasalahan pertama Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) di VII-F SMP Negeri 4 Gresik, kedua Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe (NHT) pada pelajaran Matematika dengan Materi Himpunan di VII-F SMP Negeri 4 Gresik, ketiga hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe (NHT) pada pelajaran Matematika dengan Materi Himpunan di Kelas VII-F SMP NegeriI 4 Gresik. Berdasrkan hasil analisis data peneliti menemukan hasil Dari data tersebut hasil belajar matematika siswa kelas VII-F SMP NEGERI 4 GRESIK tergolong rendah dan belum dapat dikatakan tuntas karena persentase ketuntasan klasikalnya belum mencapai 85%. Pada tindakan I diperoleh nilai rata-rata yaitu 70 dengan persentase ketuntasan klasikalnya yaitu 56 % atau sebanyak 18 orang siswa sedangkan 14 orang siswa atau 44% siswa tidak tuntas belajar. Pada tindakan II meningkat dengan nilai rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan klasikalnya yaitu 87,5 % atau sebanyak 28 orang siswa yang sudah tuntas belajar bahkan pada tindakan II inilah persentase ketuntasan secara klasikal dapat mencapai ≥ 85 %. Oleh karena itu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-F SMP Negeri 4 Gresik.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/akademika/article/view/675
10.30736/adk.v15i2.675 |
|
Source |
Akademika; Vol 15, No 2 (2021): Akademika
2621-8828 2085-7470 10.30736/adk.v15i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/akademika/article/view/675/502
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|